Impact of AI-based learning technology and teacher communication on student learning outcomes
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi pembelajaran berbasis AI dan komunikasi interpersonal guru terhadap hasil belajar siswa paa mata pelajaran dasar – dasar kejuruan kelas X MPLB di SMK Negeri 1 Surakarta baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MPLB dengan sampel sebanyak 82 siswa yang dipilih melalui teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan teknologi pembelajaran berbasis AI terhadap hasil belajar siswa (thitung 2,262 > ttabel 1,990; signifikansi 0,026 < 0,05), (2) tidak terdapat pengaruh signifikan komunikasi interpernonal guru terhadap hasil belajar siswa (thitung -1,291 < tttabel 1,990; signifikansi 0,201 > 0,05), dan (3) secara simultan, kedua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Fhitung 2,589 > Ftabel 2,370; signifikansi 0,081 < 0,10). Kontribusi efektif kedua variabel sebesar 6,2% sedangkan 93,8% dipengaruhi fackor lain di luar penelitian ini.
Keywords: inovasi pembelajaran digital; interaksi guru – siswa; pencapaian akademik
Abstract: This study aims to determine the impact of AI-based learning technology and teacher interpersonal communication on student learning outcomes in basic vocational subjects among Grade X Office Management and Business Services (MPLB) students at SMK Negeri 1 Surakarta, both partially and simultaneously. The research population consisted of Grade X MPLB students, with a sample of 82 students selected through proportional random sampling technique. Data were collected through questionnaires and documentation, then analyzed using multiple linear regression with SPSS version 26. Results demonstrate: (1) a significant positive impact of AI-based learning technology on student learning outcomes (t-calculated 2.262 > t-table 1.990; significance 0.026 < 0.05); (2) no significant impact of teacher interpersonal communication on student learning outcomes (t-calculated -1.291 < t-table 1.990; significance 0.201 > 0.05); and (3) simultaneously, both variables have a significant positive impact on learning outcomes (F-calculated 2.589 > F-table 2.370; significance 0.081 < 0.10). The effective contribution of both variables is 6.2%, while 93.8% is influenced by other factors outside this study.
Keywords: academic achievement; digital learning innovation; teacher - student interaction
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agestiningrum, R., & Siswanto. (2024). The effect of AI learning system on student learning outcomes and motivation. An-Nuha, 11(1), 1-13.
Artaverlina, D. I., & Wulandari, S. S. (2021). Keterampilan mengajar dan komunikasi interpersonal guru sebagai seterminan terhadap hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Journal of Economics and Business Education, 1(2), 1-16. https://journal.inspirasi.or.id/edunusa/article/download/91/39
Buro, H. H. (2017). Pengaruh pembelajaran kooperatif, komunikasi interpersonal dan aktifitas KKG terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas V MI Al Muhsinun Kauman dan MI An Nahdiyah Gedeg. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 1(1), 49. https://doi.org/10.32616/pgr.v1i1.6
Damayanti, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99-108.
Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan literasi sekolah sebagai solusi peningkatan minat baca pada anak sekolah dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311-328. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723
Hidayati, Z., & Fadilah, S. (2020). Pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Baitul Muttaqin Simo Sumuragung Baureno Bojonegoro tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1, 1-38.
Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan peluang dalam pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351-3363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2615
Putra, R. E., Kusumadinata, A. A., & Hasbiyah, D. (2022). Komunikasi interpersonal dalam meningkatkan hasil belajar coding backend peserta Studi Independen MBKM. Karimah Tauhid, 1, 777-788.
Rustan, N. Q., & Junaid, R. (2024). Pelatihan pemanfaatan artificial intelligence dalam pembuatan media pembelajaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-7.
Shiva, K., Etikani, P., Venkata, V., Rama Bhaskar, S., Nuguri, S., & Dave, A. (2024). Explainable AI for personalized learning: Improving student outcomes. International Journal of Multidisciplinary Innovation and Research Methodology, 3(2), 198-204.
Suyuti, Wahyuningrum, P. M. E., Jamil, M. A., & Nawawi, M. L. (2023). Analisis efektivitas penggunaan teknologi dalam pendidikan terhadap peningkatan hasil belajar. Journal on Education, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908
Syahrudin, H. (2022). Pengaruh komunikasi interpersonal dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi SMA se-kota Putussibau. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 195-205. https://doi.org/10.31932/jpe.v7i1.1585
Tsai, C. C., Cheng, Y. M., Tsai, Y. S., & Lou, S. J. (2021). Impacts of AIoT implementation course on the learning outcomes of senior high school students. Education Sciences, 11(2), 1-30. https://doi.org/10.3390/educsci11020082
Yuniwati, Y., & Masruri, M. S. (2016). Peningkatan kualitas pembelajaran PPKN melalui penerapan problem based learning di SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 199-210. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.7947
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 0-27. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0171-0Refbacks
- There are currently no refbacks.