Office administration internships, self-efficacy, and work readiness of PAP FKIP UNS students
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh magang administrasi dan self efficacy terhadap kesiapan kerja mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran FKIP UNS Angkatan 2021 baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas. Populasi berjumlah 80 mahasiswa. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan magang administrasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa dengan nilai thitung (2.768) > ttabel (1.990) dan nilai signifikansi pada magang administrasi sebesar 0,007 < 0,05; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy terhadap kesiapan kerja mahasiswa dengan nilai thitung (6.609) > ttabel (1.990) dan nilai signifikansi pada self efficacy sebesar 0,000 < 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan magang administrasi dan self efficacy secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja mahasiswa dengan nilai Fhitung (37.813) > Ftabel (3.11) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Persamaan regresi penelitian adalah Ŷ= 7,995 + 0,329X1 + 0,803X2 dengan nilai R Square sebesar 0,495. Kontribusi magang administrasi dan self efficacy secara bersama-sama dalam penelitian ini sebesar 49,5%.
Kata kunci: kepercayaan diri; kesiapan kerja; kuantitatif; magang administrasi
Abstract: This research aimed to determine the influence of administration internships and self-efficacy on work readiness among students in the Office Administration Education Program, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, Class of 2021, both simultaneously and individually. We employed a quantitative causal approach with a population of 80 students. Saturated sampling technique was utilized for sample selection. Data were collected through questionnaires and analyzed using multiple linear regression analysis with IBM SPSS Statistics 25. Results indicated that: (1) administration internships had a positive and significant influence on students' work readiness (t = 2.768, p = .007); (2) self-efficacy had a positive and significant influence on students' work readiness (t = 6.609, p < .001); (3) administration internships and self-efficacy together had a positive and significant influence on students' work readiness (F = 37.813, p < .001). The regression equation was Ŷ = 7.995 + 0.329X₁ + 0.803X₂ with an R² value of 0.495. Administration internships and self-efficacy together contributed 49.5% to work readiness variance, while the remainder was influenced by other variables not included in this study.
Keywords: administration internship; quantitative; self efficacy; work readiness
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anthony, A., Sediyono, E., & Iriani, A. (2020). Analisis kesiapan kerja mahasiswa di era revolusi industri 4.0 menggunakan soft system methodology. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(5), 1041-1050. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020752380
Azizah, N., Santoso, S., & Sumaryati, S. (2019). Pengaruh persepsi magang dunia usaha/dunia industri dan pengalaman organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Tata Arta UNS, 5(1), 95-106.
Cunha, A. B. D., Erom, K., & Talok, D. (2023). Pengaruh motivasi kerja, pengalaman magang dan soft skill terhadap kesiapan kerja mahasiswa: Literatur review manajemen pendidikan. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(6), 846-852.
Damayantie, A. A., & Kustini, K. (2022). Soft skill dan self efficacy sebagai faktor pembentuk kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir FEB UPNVJT. Jurnal Riset dan Konseptual, 7(3), 670. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1028
Devita Putri, A. (2024). Pengaruh hard skill, soft skill dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir FEB perguruan tinggi di kota Bandar Lampung. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 20-32.
Dwiki, D. O., & Rini, H. P. (2024). Pengaruh self efficacy dan pengalaman magang MSIB terhadap kesiapan kerja mahasiswa Prodi Manajemen UPN "Veteran" Jawa Timur. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi & Akuntansi), 8(3), 1397-1411.
Fatmawati, E., Oktarika, D., Santoso, D., Puspitasari, H., Nurcahyo, R. W., & Sari, M. I. (2023). Kesiapan kerja siswa ditinjau dari harga diri (self-esteem) dan efikasi diri (self-efficacy). Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(1), 1-14. https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5462
Haq, D. A., & Adiwati, M. R. (2024). The influence of field work practices, motivation, and self-efficacy on work readiness. International Journal of Economics and Commerce, 3(2), 1047-1054. https://doi.org/10.55299/ijec.v3i2.1019
Hidayatulloh, M. K. Y., Aftoni, A., & Hilmi, M. A. (2021). Pengaruh locus of control dan pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa SMK 8 Sidoarjo. JOEMS (Journal of Education and Management Studies), 4(6), 21-28. https://doi.org/10.32764/joems.v4i6.574
Kirani, F. F., & Chusairi, A. (2022). Tinjauan sistematis: Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 821-828. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.646
Kustini, K., Rahma, D. T., & Iriyanti, E. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha: Studi pada industri kecil alas kaki di kota Mojokerto. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(2), 76-84. https://doi.org/10.33005/mebis.v6i2.254
Lee, T. H., Wye, C. K., & Lim, Y. M. (2012). Perceived job readiness of business students at the institutes of higher learning in Malaysia. International Journal of Advances in Management and Economics, 1(6), 53-65. http://managementjournal.info/index.php/IJAME/article/view/239
Lestari, F. D., & Ubaidillah, H. (2022). The influence of internship experience, motivation, and academic achievement on students' readiness in entering the world of work with self efficacy as a moderating variable: Study on management students at Muhammadiyah University of Sidoarjo. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 3, 1-20. https://doi.org/10.21070/jims.v3i0.1565
Pambajeng, A. P., Sari, H. M. K., & Sumartik. (2024). The influence of internship experience, work motivation, and soft skills on college student work readiness in entering the world of work. Costing: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(1), 5-20.
Patimah, T., & Sumaryoto, S. (2024). Pengaruh praktik kerja industri dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri di Kabupaten Sumedang. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 7(2), 230-241. https://doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20331
Podungge, R., Bokingo, A. H., & Hilala, E. (2023). Peran self efficacy, soft skill, dan hard skill terhadap peningkatan kesiapan kerja bagi mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Seiko: Journal of Management & Business, 6(2), 224-232.
Suyanto, F., Rahmi, E., & Tasman, A. (2019). Pengaruh minat kerja dan pengalaman magang terhadap kesiapan kerja mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 2(2), 187. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i2.7311
Wahyuni, S., Kumalasari, F., & Titing, A. S. (2023). Pengaruh internship experience dan soft skill terhadap kesiapan kerja: Studi pada mahasiswa manajemen angkatan 2018 & 2019. Jurnal Manajemen Kreatif dan Inovasi, 1(4), 257-269.
Wiharja, H., Rahayu, S., & Rahmiyati, E. (2020). Pengaruh self efficacy terhadap kesiapan kerja mahasiswa pendidikan vokasi. Vocatech: Vocational Education and Technology Journal, 2(1), 11-18.
Zunita, M. (2019). Analisis kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(3), 1-15.
Refbacks
- There are currently no refbacks.