PELESTARIAN LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA MELALUI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA DALAM MATERI UNGGAH-UNGGUH

Sunarni Sunarni

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Jawa dalam materi unggah-ungguh bahasa Jawa melalui penerapan model pembelajaran kontekstual (Contextual Learning) pada Pada Siswa Kelas VIId SMP Negeri 26 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.Subjek penelitian sejumlah 33 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki, 20 siswa perempuan dan guru. Data yang akan dikumpulkan berupa data tentang prestasi belajar Bahasa Jawa yaitu hasil ulangan dan tes dalam materi melaksanakan aturan di lingkungan sekolah pada mata pelajaran Bahasa Jawa dan data tentang penerapanmodel pembelajaran kontekstual. Metode pengumpulan data berupa tes, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis konstekstual. Indikator penelitian ini adalah dari pembelajaran kurang menarik menjadi menarik sehingga prestasi belajar siswa mencapai 72%; kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Bahasa Jawa akan dicapai lebih. Prosedur dalam penelitian ini melalui 2 siklus tindakan, yang terdiri dari tahap:perencanaan, melakukan tindakan, mengamati (observasi), tahap refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa melalui penerapan model pembelajaran kontekstul dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Jawa dalam materi unggah-ungguh, baik secara individu maupun kelompok, pada siklus I dengan hasil rata-rata tidak tuntas, indikator kerja setelah tindakan pada siklus II diharapkan meningkat menjadi tuntas minimal telah mencapai 75%, ditunjukkan dari peningkatan ketuntasan belajar siswa kondisi awal ke siklus I sebesar 7 atau 21,22% dan siklus I ke siklus II ada peningkatan sebesar 8 atau 24,24%. Dengan demikian hipotesayang menyatakan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kontekstul (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Jawa dalam materi unggah-ungguh padakelas VII d Semester SMP Negeri 26 Surakarta terbukti kebenarannya.

Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Prestasi Belajar Bahasa Jawa, Unggah-ungguh.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.