ANALISIS KUALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERWAWASAN ETIKA LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP SISWA SMP NEGERI 1 KOTA BIMA DAN SISWA SMP NEGERI 1 MONTA TAHUN 2014

Syafruddin Syafruddin, Heribertus Soegiyanto, Mohammad Gamal Rindarjono

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berwawasan etika lingkungan di SMP Negeri 1 Kota Bima dan SMP Negeri 1 Monta. (2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran berwawasan etika lingkungan pada siswa di SMP Negeri 1 Kota Bima dan SMP Negeri 1 Monta. (3) Untuk mengetahui hasil belajar pendidikan lingkungan hidup pada siswa di SMP Negeri 1 Kota Bima dan SMP Negeri 1 Monta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan geografi. Dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Bima dan SMP Negeri 1 Monta. Sumber data hasil belajar, wawancara, observasi, pengamatan, dan menganalisis hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data triangulasi berupa gabungan antara wawancara, observasi langsung, dan studi dokumentasi dan arsip, wawancara dilakukan dengan guru, dengan siswa dan kepala sekolah. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, Penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian kesimpulan sebagai berikut: (1) Kualitas perangkat pembelajaran berwawasan etika lingkungan di SMPN 1 Kota Bima dan SMP Negeri 1 Monta sama-sama menggunakan silabus monolitik yang khusus mengarah pada lingkungan hidup, rencana pelaksanaan pembelajaran pada SMP Negeri 1 Kota Bima memiliki sarana atau vasilitas serta sumber belajar terutama internet, DVD, LCD dan mendia lainnya yang sangat mendukung dalam proses mengembangkan perangkat pembelajaran, sedangkan SMP Negeri 1 Monta perangkat pembelajaran terutama pada sarana atau vasilitas dan sumber belajar seperti internet, DVD, LCD masih kurang. (2) Proses Pelaksanaan pembelajaran berwawasan etika lingkungan di SMP Negeri 1 kota Bima cukup efektif di laksanakan sesuai dengan jadwal yang cukup efektif, setiap ada tugas siswa langsung menggunakan internet dalam pencarian jawaban karena didukung oleh sarana atau fasilitas yang sangat mendukung, sedangkan SMP Negeri 1 Monta proses pelaksanaan pembelajaran berwawasan etika lingkungan belum begitu efektif disebabkan keterbatasan sarana atau vasilitas serta sumber belajar yang mendukung. (3)Hasil belajara pendidikan lingkungan hidup (PLH) siswa SMP Negeri 1 Kota Bima yang proses pembelajaran berwawasan etika lingkungan hasil belajar dari aspek kognitif sangat baik, aspek afektif baik dan aspek psikomotor sangat baik, sedangkan hasil belajar pendidikan lingkungan hidup siswa SMP Negeri 1 Monta hasil belajar dari aspek kognitif baik, aspek afektif cukup baik dan aspek psikomotor baik.

Kata kunci: Kualitas Perangkat, Proses, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.