PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI SEJARAH PEMBENTUKAN MUKA BUMI DAN JAGAD RAYA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN 2013

Suparmi Suparmi, Sarwono ,, Mohammad Gamal Rindarjono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar geografi materi sejarah pembentukan muka bumi dan jagad raya. (2). pengaruh motivasi belajar geografi terhadap hasil belajar geografi materi sejarah pembentukan muka bumi dan jagad raya. (3). Pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar geografi terhadap hasil belajar geografi materi sejarah pembentukan muka bumi dan jagad raya. Penelitian ini menggunakan Metode eksperimen semu dengan desain postes. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar geografi bentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban dan angket motivasi belajar geografi dengan rating scale dengan 5 alternatif jawaban. Analisis data menggunakan teknik analisis varians faktorial 2 x 2. Hasil penelitian adalah (1). Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif dibandingkan dengan model ceramah dalam pembelajaran geografi materi sejarah pembentukan muka bumi dan jagad raya. (2). Motivasi belajar geografi berpengaruh positif terhadap hasil belajar geografi materi sejarah pembentukan muka bumi dan jagad raya. (3). Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar geografi terhadap hasil belajar geografi pada materi sejarah pembentukan muka bumi dan jagad raya .

Kata Kunci: model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), model pembelajaran ceramah, motivasi belajar geografi , hasil belajar geografi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.