UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN METODE MIND MAP (PenelitianTindakanKelasPadaSiswaKelas X-6 SMA Negeri I Kroya, Kec.Kroya, Kab. Cilacap, TahunAjaran 2012/2013)

Astuti Hadi Rahayu, Sigit Santosa, Danang Endarto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Geografi dengan menggunakan model pembelajaran Mind Map dan media audio visual padamateri perkembanganjagadrayadanpembentukanmukabumi pada siswa SMA Negeri I Kroya, Kabupaten Cilacap. Metodepenelitian yang digunakan dalam pengambilan data adalah : metode observasi partisipan, dimana peneliti berperan sebaga ipelaksana danterlibat langsung dalam kegiatan penelitian, metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan belajar siswa, kajian dokumen yang berupa silabus dan RPP, metode dokumentasi yang berupa foto kegiatan, dan metode angket untuk mengetahui motivasi siswa. Kelas penelitian adalah kelas X-6 SMA Negeri I Kroya di Kec.Kroya, Kab. Cilacap.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapdan media audio visual dalam mata pelajaran Geografi khususnya pada materi sejarah pembentukan bumi sangat efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri I Kroya, Kec. Kroya, Kab. Cilacap.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Mind Map, Media Audio Visual, Motivasi dan hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.