PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model ceramah; (2) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah; (3) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dengan model Problem Based Learning dan model ceramah; (4) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kreativitas rendah dengan model ceramah; (5) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas pada Kompetensi dasar Mengidentifikasi Permasalahan Penduduk pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain factor 2 x 2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November tahun 2013 dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kebumen. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 50 siswa, yang terdiri dari 29 siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Kebumen sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa keas VIIIC SMP Negeri 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data berupa kreativitas siswa, dan test untuk mendapatakan data berupa hasil belajar IPS. Validitas instrumen diuji dengan menggunakan teknik validitas butir dengan rumus pearson product moment. Reliabilitas instrument diuji dengan Alpha Cronbach. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis variansi (Anava) dua jalan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran Problem based learning lebih baik daripada model ceramah dalam penyampaian materi mengidentifikasi permasalahan kependudukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kebumen; (2) Kreativitas siswa pada klasifikasi kreativitas tinggi lebih baik daripada kreativitas siswa pada klasifikasi rendah dalam mempengaruuhi hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kebumen; (3) Kreativitas siswa pada klasifikasi tinggi dengan menggunakan model Problem based learning tidak lebih baik daripada model ceramah dalam mempengaruhi hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kebumen; (4) Kreativitas siswa pada klasifikasi rendah dengan menggunakan model Problem based learning lebih baik daripada kreativitas rendah dengan menggunakan model ceramah mempengaruhi hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kebumen; (5)Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar IPS pada kompetensi dasar Mengidentifikasi Permasalahan Kependudukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kebumen. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Problem Based Learning, Kreativitas
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.