PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR BIOSFER PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI DI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Suwarti ., Chatarina Muryani, Sarwono .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model Jigsaw dan metode ceramah, 2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang bermotivasi belajar tinggi dan siswa bermotivasi belajar rendah, dan 3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar geografi pada kompetensi dasar Biosfer pada siswa Kelas X1 IPS SMA Negeri di PurwokertoTahun Pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperumen dengan desain faktor 2 x 2. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2013 dengan populasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Purwokerto Kabupaten Banyumas. Sampel penelitian diperoleh dari teknik Cluster Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 80 siswa, di mana kelas X1 IPS 1 SMA Negeri 1 Purwokerto sebagai kelas eksperimen sebanyak 40 sampel, dan kelas X1 IPS 2 SMA Negeri 5 Purwokerto sebagai kelas kontrol sebanyak 40 sampel. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data berupa motivasi belajar, dan test untuk mendapatkan data berupa hasil belajar Geografi. Validitas instrument diuji dengan menggunakan teknik validitas butir, dengan tumus pearsons product moment. Reliabilitas instrument diuji dengan Alpha Cronbach. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis varians (Anava) dua jalan. Hasil analisis data pada taraf signifikansi 5% sebagai berikut: 1)Terdapat perbedaan hasil belajar Geografi antara siswa yang melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran ceramah (Fo = 8,871 > F(1,79) = 4,88, 2) Terdapat perbedaan hasil belajar Geografi antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (Fo = 13,088 > F(1,79) = 4,88), 3) Terdapat interaksi pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Geografi kompetensi dasar Biosfer pada siswa Kelas X1 IPS SMA Negeri di Purwokerto Tahun Pelajaran 2013/2014 (Fo = 7,783 > F(1,79) = 4,88). Kata kunci: Hasil Belajar Geografi, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.