MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN PENGETAHUAN KEBENCANAAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE BAGI SISWA KELAS X SMA N 1 NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG

Siti Rikhayatun, Chatarina Muryani, Heribertus Soegiyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan motivasi belajar ,(2) untuk meningkatkan hasil belajar Geografi, (3) untuk meningkatkan pengetahuan kebencanaan melalui penerapan strategi Everyone is A Teacher Here bagi siswa SMA N 1 Ngluwar tahun pelajaran 2013/2013. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus, subyek penelitian siswa kelas X-1 sebanyak 26 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (a). Angket untuk mengukur motivasi belajar (b). Soal tes formatif digunakan untuk mengukur hasil belajar dan pengetahuan kebencanaan siswa; Indikator kinerja yang harus dicapai adalah minimal 75 % siswa dapat mencapai klasifikasi motivasi tinggi , nilai rata-rata kelas minimal mencapai 75, kriteria ketuntasan minimal secara klasikal mencapai 80 % dan nilai rata-rata kelas indikator pengetahuan kebencanaan meningkatminimal mencapai 77 . Dari tindakan siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi Everyone is A Teacher Here disertai dengan pembentukan kelompok kecil dan penggunaan handout materi sejarah pembentukan bumi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa serta telah mencapai target keberhasilan penelitian. Jumlah Siswa dengan klasifikasi motivasi tinggi telah mencapai 92%, nilai rata-rata siswa adalah 83, siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar adalah 81% dan nilai rata-rata pengetahuan kebencanaan mencapai 78. Kata kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar , Strategi Everyone is A Teacher Here , Geografi , pengetahuan kebencanaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.