ISLAMIC SCIENCE TECHNOLOGY BASED ENVIRONMENTAL MANAGEMENT MATERIAL TEACHING MODULE TO IMPROVE 6C
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 9924, 88–100.
Arum, I. S., Ayu, I. G., Rachmi, K., Najicha, F. U., & Belakang, A. L. (2021). Pertanggungjawaban Indonesia Terhadap Pencemaran Internasional. Jurnal Hukum, 1(6), 38–47.
Astutik, L. S., Dwinata, A., Oktaviarini, N., & Jadmiko, R. S. (2023). Sosialisasi Pentingnya Penelitian Research And Development (R&D) Untuk Meningkatkan Karir Guru Di SD Kecamatan Ngunut. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(10), 2596–2601. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i10.566
Desi, G. L., & Hani, I. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(2), 51–59. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/861
Habibaturrahim, R., & Bakrie, W. (2020). Pencemaran lingkungan dalam fiqih islam dan undang-undang no. 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. 3(32).
Handayani, W., & Y.W, S. S. (2020). Pengelolaan lingkungan dan pengolahan limbah daun pisang.
Hermawan, C. M., Rosfiani, O., Santoso, G., Aini, Z., & Elfirza, E. (2023). Bimtek untuk Guru Merancang Modul Ajar dan Melaksanakan Pembelajaran Terdiferensiasi untuk Capaian Keterampilan Abad Ke-21 Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(10), 2466–2475. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i10.534
Kemendikbudristek. (2022). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi (Nomor 021).
Lestari, K. D., Agustini, K., & Sugihartini, N. (2019). Pengembangan Modul Ajar Storyboard Berbasis Project Based Learning Untuk Siswa Kelas XI Multimedia Di SMK TI Bali Global Singaraja. 8.
Mardianti, F., Yulkifli, Y., & Asrizal, A. (2020). Metaanalisis Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Literasi Saintifik. Sainstek : Jurnal Sains dan Teknologi, 12(2), 91. https://doi.org/10.31958/js.v12i2.2435
Meishanti. (2022). INSPIRATIF PENDEKATAN TaRL BERBASIS PjBL MELALUI PEMBELAJARAN LITERASI SAINS MATERI VIRUS berjalan dengan efektif dan efisien jika mengembangkan perangkat pembelajaran yang pembelajaran mendapat kendala dalam menerapkan pembelajaran daring dan juga kurang. 08(01), 1–13.
Melina, I., Fitriyah, N., & Ghofur, M. A. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. 3(5), 1957–1970.
Nugraha, M. F., Sya, A., Sunaryo, S., Husen, A., Hendrawan, B., & Purwanto, A. (2021). Implementasi Media Video Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Terintegrasi IPA untuk Siswa Sekolah Dasar pada Platform Youtube. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2b), 934–941. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1284
Nugroho, M. A. (2022). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Penanaman Kesadaran Lingkungan Pada Kelas Iv Min 1 Jombang. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 16–31. https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v1i2.1691
Nurulloh, E. S. (2019). Pendidikan Islam dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 237. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.366
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Pratama, K., Lubis, R. R., Kirana, J., & Sri, N. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Model 4D Pada Guru Sekolah Dasar. 1, 14–22.
Rafida, A., Ahmad, A. A., & Muhdy, A. A. (2022). Penggunaan Model 4D dalam Pembuatan Video Tutorial Menggambar Alam Benda di SMP Negeri 1 Tonra. Jurnal Imajinasi, 6(1), 57. https://doi.org/10.26858/i.v6i1.30307
Santosa, T. A., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., Fradila, E., & Arsih, F. (2021). Meta-Analisis: Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Ekologi. Journal of Digital Learning and Education, 1(01), 1–9. https://doi.org/10.52562/jdle.v1i01.24
Sari, H. D., Riandi, R., & Surtikanti, H. K. (2024). Bahan Ajar Digital Bermuatan Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Pada Materi Bioteknologi Konvensional. Jurnal Basicedu, 8(1), 263–276. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6503
Saski, N.H., & Tri, S. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118–1124.
Supriatna, J. (2021). Pengelolaan lingkungan berkelanjutan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Suryaman, S., & Suryanti, Y. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon Dan Capcut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 841–850. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2575
Tampubolon, K., & Siregar, B. (2023). Analisis Implementasi Sistem Merit bidang Pelayanan Publik di Kelurahan Timbang Deli Kecamatan Medan Amplas Kota Medan. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i2.571
Yanti, Y., & Yusliani, E. (2020). Meta-Analisis: Pengaruh Integrasi Pendidikan Lingkungan dalam Pembelajaran IPA Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9–16.
Refbacks
- There are currently no refbacks.