Archives

2020

Cover Page

Vol 18, No 2 (2020): Arsitektura : Jurnal Ilmiah Arsitektur dan Lingkungan Binaan

Arsitektura Volume 18 No 2 Oktober Tahun 2020 berisi enam belas judul manuskrip yang merupakan penelitian di bidang arsitektur dan lingkungan binaan serta menampilkan penelitian desain arsitektur. Manuskrip membahas tentang potensi arsitektur lokal, arsitektur pariwisata, desain arsitektur ramah lingkungan dan penelitian arsitektur yang mempertimbangkan keberlanjutan lingkungan.

Redaksi mengharapkan bahwa manuskrip yang terbit dapat memperkaya keilmuan bidang arsitektur menuju pembangunan berkelanjutan yang berbasis pada kearifan lokal.

Cover Page

Vol 18, No 1 (2020): ARSITEKTURA : Jurnal Ilmiah Arsitektur dan Lingkungan Binaan

Arsitektura : Jurnal Ilmiah Arsitektur dan Lingkungan Binaan pada Volume 18 Nomor 1 Bulan April 2020 memuat lima belas manuskrip yang mengangkat tema beragam terkait dengan strategi perencanaan dan perancangan serta penelitian arsitektur secara khusus untuk pembahasan budaya dalam arsitektur, sains bangunan, arsitektur heritage hingga metode perancangan dan perkembangan dalam arsitektur.


2019

Cover Page

Vol 17, No 2 (2019): ARSITEKTURA : Jurnal Ilmiah Arsitektur dan Lingkungan Binaan

Arsitektura : Jurnal Ilmiah Arsitektur dan Lingkungan Binaan pada Volume 17 Nomor 2 Bulan Oktober 2019 memuat lima belas manuskrip yang mengangkat tema beragam terkait dengan strategi perancangan dan penelitian arsitektur secara khusus untuk pembahasan budaya dalam arsitektur, sains bangunan hingga metode perancangan dan perkembangan Pendidikan arsitektur.

Cover Page

Vol 17, No 1 (2019): ARSITEKTURA : Jurnal Ilmiah Arsitektur dan Lingkungan Binaan

Pengantar Redaksi

 

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menyertai proses penyusunan artikel-artikel untuk penerbitan Jurnal ARSITEKTURA Volume 17 Nomor 1 April 2019 hingga dapat selesai tepat waktu. Semoga edisi ini dapat memberikan semangat menulis yang lebih produktif di lingkungan keilmuan arsitektur dan lingkungan binaan.

ARSITEKTURA: Jurnal Ilmiah Arsitektur dan Lingkungan Binaan pada Volume 17 Nomor 1 Bulan April 2019  memuat empat belas artikel yang mengangkat tema beragam terkait dengan konsep, strategi perancangan dan penelitian arsitektur maupun kawasan dengan jumlah halaman keseluruhan mencapai 150 (seratus lima puluh) lembar. Edisi ini memuat lima belas judul yang mencakup strategi desain untuk bangunan, penelitian tentang kampung, rumah adat, penelitian tentang keamanan kawasan hingga mitigasi bencana kawasan wisata. Tema-tema yang dibahas pada artikel sangat menarik untuk dipahami sebagai pengetahuan yang memperkaya khazanah ilmu untuk bidang Arsitektur dan Lingkungan Binaan.

Pada kesempatan ini, redaksi mengucapkan terimakasih kepada reviewer eksternal, mitra bestari dan semua penulis yang telah mempercayakan karya tulis ilmiah untuk dimuat pada jurnal ARSITEKTURA. Semoga tulisan yang disajikan memberikan sumbangan pembangunan bagi bangsa dan negara Indonesia, terutama di bidang arsitektur dan lingkungan binaan. Tak lupa, redaksi mohon maaf sekiranya ada kesalahan atau hal yang kurang berkenan pada tayangan edisi ini. Tidak lupa, Redaksi sangat terbuka untuk menerima saran dan masukan yang membangun ke arah perbaikan secara kuantitas dan kualitas.

 

Salam ARSITEKTURA

Dewan Redaksi


2018

Cover Page

Vol 16, No 2 (2018)

Volume 16 Edisi 2 Oktober 2018 menyajikan limabelas artikel yang terdiri dari karya penelitian bidang ilmu arsitektur. Tema dalam terbitan kali ini membahas tentang arsitektur berbudaya dan kenyamanan bangunan. Karya ilmiah yang dimuat meliputi strategi desain arsitektur, penelitian sains bangunan dan penelitian tentang bangunan tradisional Indonesia.

Cover Page

Vol 16, No 1 (2018)

Artikel edisi pertama tahun 2018 terdiri dari 14 (empat belas) judul yang bertema bangunan publik dan hunian yang ramah lingkungan. Tema ramah lingkungan menghadirkan karya desain dan hasil penelitian untuk memotivasi kesadaran membangun yang mengedepankan keselarasan dengan lingkungan alam.





1 - 14 of 14 Items