VIRAL: Membangun Perisai Asertif dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual pada Siswa SMP

Gustina Rahmawati, Diva Ingriani, Rani Rafika Duri, Nurhasni -, Tiara Tri Ariani, Maria Weni Gowasa, Yuli Rahmadini, Zakia Miftahul Faradisi, Aulia -, Zidan Maliki Akbar, Fauziah Taslim

Abstract


Di Indonesia, kasus kekerasan seksual terhadap anak masih tinggi. Banyaknya kasus kekerasan seksual terhadap anak menunjukkan bahwa Indonesia sudah mencapai tingkat yang memprihatinkan. Kekerasan seksual terhadap anak tidak hanya terjadi pada anak perempuan saja, namun juga terjadi pada anak laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas program VIRAL terhadap pemahaman terkait perilaku asertif pada kekerasan seksual di SMP X Bukittinggi. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 12 siswa (N 12; df 11) SMP X Bukittinggi dengan rentang usia 12-15 tahun. Dalam penelitian ini, partisipan dipilih berdasarkan metode simple random sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa program VIRAL dinilai efektif dalam memberikan pemahaman pencegahan kekerasan seksual dengan perilaku asertif (t -4.892; p 0.001<0.005). Implikasi pada penelitian ini diharapkan untuk peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan partisipan yang mencakup satu wilayah tertentu agar lebih efektif.


Keywords


Asertif; Edukasi seksual; Kekerasan seksual; Remaja

rticle

References


Abidin, Z. (2011). Pengaruh pelatihan resiliensi terhadap perilaku asertif pada remaja. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 4(2), 129-136.

Alberti, R. and Emmons, M. 2002. Your Perfect Right “Hidup Lebih Bahagia Dengan Menggunakan Hak. Jakarta, Elex Media Kumputindo.

Alberti, R., & Emmons, M. (2017). Your perfect right: Assertiveness and equality in your life and relationships. New harbinger publications.

Budiarta, M. F. A., & Sa’id, M. (2022). Psikoedukasi Asertivitas untuk Meningkatkan Perilaku Asertif dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Remaja. 7(1), 40–46.

Budiyono, A. (2012). Sikap asertif dan peran keluarga terhadap anak. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 6(1).

Cecep, C., & Humaedi, S. (2018). Mengatasi dan Mencegah Tindak Kekerasan Seksual Pada Perempuan Dengan Pelatihan Asertif. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 48- 55.

Firdaus, F., Septia, W., Hanifa, S., & Earnestly, F. (2024). Pelatihan Asertif Untuk Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak Autis Spectrum Disorder Dengan Gangguan Komunikasi Sosial. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 270-280.

Fitria, Y., W. A. Wirawati, and M. Rahman. (2023) “A Strategies for Preventing and Handling Child Violence Through Assertive Training Methods in Banyuwangi Regency”. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 3(5), 738-47, https://doi:10.35877/454RI.daengku1925.

Ibnu, I. F., Wahjuni, C. U., & Devy, S. R. (2020). Pelatihan Komunikasi Assertif Untuk Peningkatan Intensi Pencegahan Perilaku Pornografi Pada Remaja Awal. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 336-344.

Issroviatiningrum, R., Abdurrouf, M., & Yustini, M. D. (2021). Psikoedukasi Dan Pelatihan “EDA”(Ekspresi Diri Untuk Asertif) Sebagai Upaya Mencegah Seks Bebas Pada Remaja. Jurnal Humanis (Jurnal Pengabdian Masyarakat ISTeK ICsada Bojonegoro), 6(1), 1-5.

KPPA. (2023). Data Kekerasan di Indonesia. Jakarta: KPPA.

Nurfaizah, Riyanto, P. M. K., Bestian, R. B., Paramitha, T. E., Pawesti, A. N., & Mufidah, W. (2023). Pencegahan kekerasan seksual kategori ringan pada remaja dengan pelatihan asertif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 74–81.

Prabowo, A. I. (2023). Perancangan Persuasi Sosial Anti Kekerasan Dan Pelecehan Seksual Di Lingkungan Pendidikan Melalui Media Interaktif (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Pustikasari, A. (2024). Perilaku Asertif Remaja Terhadap Kekerasan Seksual di Sekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 16(1), 90-103.

Rakhmawati, D., Maulida, D., & Yuliejantiningsih, Y. (2022). Pembanjiran Informasi, Asertivitas Seksual dan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia: Teori dan Aplikasi , 11 (Edisi Khusus), 75-82. https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i2.60831

Saladin, T. (2020). Tinjauan Yuridis Hukum Korban Kekerasan Seksual Berbasis Nilai Keadilan. Mahkamah: Jurnal Kajian Hukum Islam, 5(2), 270-285.

Setiono, V., dan Pramadi, A. 2005. Pelatihan Asertivitas dan Peningkatan Perilaku Asertif pada Siswa-siswi SMP. Anima: Indonesian Psychological Journal Vol.20, no.2, 149-168.

Septiani, V. (2022). Hubungan Antara Harga Diri dengan Perilaku Asertif Remaja Korban Pelecehan Seksual (The Relationship Between Self-Esteem and Assertive Behavior Adolescent Victims of Sexual Harassment) (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Simfoni PPA (2024, Maret 19). Kementerian PPPA: Kekerasan seksual dominasi kekerasan terhadap anak pada 2023. https://megapolitan.antaranews.com/berita/282492/kementerian-pppa-kekerasan-seksual-dominasi-kekerasan-terhadap-anak-pada-2023

Sinaga, Y.V. (2016). Hubungan Antara Perilaku Asertif dan Perilaku Cyberbullying di Jejaring Sosial pada Remaja. (Skripsi, Universitas Santa Dharma Yogyakarta) https://www.scribd.com/document/354539197/Cyberbully-Full

Sinombor, H. S. (2023, Oktober 4). Sebanyak 40 Anak Bengkalis Korban Kekerasan Seksual. Kompas.https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/10/04/40-anak-jadi-korban-kekerasan-seksual

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Tahunan, C., & Perempuan, T. K. T. (2020). Korban Bersuara, Data Bicara, Sahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Sebagai Wujud Komitmen Negara.

World Health Organization. (2011). Violence against women – Intimate partner and sexual violence against women. Geneva: World Health.

Wuri, H. R. (2015). Efektivitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Anggota Osis Smp Negeri 1 Pakem. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Yasmin, M., Taslim, F., & Safitri, S. (2023). Pelatihan Personal Safety Skill Melalui Digital Storytelling Sebagai Upaya Preventif Kekerasan Seksual Pada Anak di Kelurahan Aur Tajungkang Tangah Sawah, Bukittinggi. Plakat: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 5(2), 171-183.




DOI: https://doi.org/10.20961/wacana.v17i1.88022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 WACANA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal WACANA

Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Psikologi
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id