CELEBRITY WORSHIP DAN IMPULSIVE BUYING PADA DEWASA AWAL PENGGEMAR BTS

Annisa Zahwa Aurelia, Mistety Oktaviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara celebrity worship dengan impulsive buying pada dewasa awal penggemar BTS di Kota Bekasi. Celebrity worship atau merupakan perilaku obsesif penggemar untuk terlibat dalam kegiatan idolanya. Celebrity worship yang berlebihan membuat penggemar semakin obsesif terhadap idolanya hingga rela melakukan berbagai hal untuk menunjukkan rasa cintanya pada idola yang disukai salah satunya yaitu melakukan impulsive buying. Impulsive buying merupakan kecenderungan untuk melakukan pembelian secara cepat tanpa perencanaan karena adanya dorongan emosional untuk memenuhi keinginan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang penggemar BTS yang diambil dengan teknik purposive sampling, kriteria sampel penelitian adalah penggemar BTS (ARMY) berusia 18 sampai 40 tahun, berdomisili di Kota Bekasi dan pernah membeli merchandise atau barang-barang terkait BTS. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan antara celebrity worship dengan impulsive buying dengan koefisien korelasi sebesar 0.390 (P<0,05). Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi celebrity worship maka semakin tinggi impulsive buying-nya. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan frekuensi pembelian secara impulsif sehingga dapat dilihat seberapa sering penggemar melakukan impulsive buying merchandise idolanya.

Keywords


Celebrity Worship, Pembelian Impulsif, Penggemar BTS

rticle

References


Asrie, N. D dan Misrawati, D. (2020). Celebrity worship dan Impulsive buying pada Penggemar KPOP Idol. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 91-100. https://doi:10.47679/jopp.022.12200008

BBC News Indonesia. (2021, June 10). BTS Meal McD: Kerumunan, penutupan gerai, donasi hingga dijual jutaan Rupiah, fenomena apa yang terjadi?. https://www.bbc.com/indonesia/majalah-57423148

Big Hit Music. (2021). About BTS. https://ibighit.com/bts/eng/profile/

BTS ARMY Census. (2022, July 9). 2022 Result. https://www.btsarmycensus.com/2022-results

Dewi, Rosnila. (2021). Perbedaan Impulsive Buying Berbelanja Online Ditinjau dari jenis Kelamin pada Mahasiswa di Jakarta [Undergraduate's thesis of Psychology, Universitas Esa Unggul Jakarta]. https://digilib.esaunggul.ac.id/perbedaan-impulsive-buying-berbelanja-online-ditinjau-dari-jenis-kelaminpada-mahasiswa-di-jakarta-19396.html

Fachrosi, E., et al (2020). Dinamika Fanatisme Penggemar K-Pop pada Komunitas BTS-Army Medan. Jurnal Diversita, 6(2), 194-201. https://doi.org/10.31289/diversita.v6i2.3782

Hapsari, D. J. R., dan Sumaryanti, I. U. (2022). Hubungan Celebrity Worship dengan Problematic Social Media Use pada Penggemar BTS di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Psychology Science, 2(1), 92-98. https://doi.org/10.29313/bcsps.v2il.523

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (5ed.). Jakarta: Erlangga.

Jeanette, S. P. (2018). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). Koneksi, 2(2), 393-400.

KumparanK-POP. (2018, August 1). Fans Keluhkan Sulitnya Mendapat Merchandise YG. https://kumparan.com/kumparank-pop/fans-keluhkan-sulitnya-mendapat-merchandise-yg-27431110790558149

Lewi, S., Sudiarti, S., dan Atika. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Impulsive Buying pada Konsumen Minimarket Ditengah Pandemi Covid-19. HUMANTECH: JURNAL ILMIAH MULTIDISIPLIN INDONESIA, 2(1), 71-82.

Maltby, J, et al (2004). Personality and coping: A context for examining celebrity worship and mental health. British Journal of Psychology, 95, 411-428.

_______.(2006). Extreme Celebrity Worship, Fantasy Proneness and Dissociation: Developing the measurement and Understanding of Celebrity Worship within a Clinical Personality Context. Personality and Individual Diļ¬€erences, 40, 273-283.

McCutcheon, L. E., Lange, R dan Houran, J. (2002). Conceptualization and measurement of celebrity worship. British Journal of Psychology, 93, 67-87. https://doi.org/10.1348/000712602162454

Rook, D. W. (1987). The Buying Impulse. Journal of Consumer Research, 14, 189-199.

Veronica, M., Paramita, S dan Utami, L. S. (2018). Eksploitasi Loyalitas Penggemar dalam Pembelian Album K-Pop. Koneksi, 2(2), 433-440.

Verplanken, B dan Herabadi, A. (2001). Individual Differences in Impulse Buying Tendency: Feeling and no Thinking. European Journal of Personality, 15, 71-83. https://doi.org/10.1002/per.423




DOI: https://doi.org/10.20961/wacana.v15i2.73159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wacana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal WACANA

Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Psikologi
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762