Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Wacana: Jurnal Psikologi?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Jurnal Psikologi Wacana diterbitkan Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta dan berfokus pada penelitian psikologi di Indonesia. Diterbitkan dua kali (online dan cetak) setahun 2 kali (Januari dan Juli). Jurnal Psikologi Wacana memberikan kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi dalam mensosialisasikan hasil penelitian psikologi khususnya di Indonesia.

  • Naskah merupakan hasil penelitian di bidang psikologi, diketik dengan font MS Word Cambria ukuran 11, spasi 1,5, kertas A4, panjang maksimal 25 halaman. Naskah meliputi judul, abstrak Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (diketik 1 spasi, maksimal 200 kata), pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, simpulan, implikasi dan daftar pustaka. Naskah harus mengikuti format manual publikasi American Psychology Association (APA) edisi ketujuh. Penulis dilarang mengirimkan naskah yang sama untuk dipertimbangkan oleh jurnal lain dan tidak mengizinkan publikasi naskah yang telah diterbitkan, baik sebagian maupun seluruh bagian jurnal oleh jurnal lain.
  • Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis diminta untuk mematuhi pedoman penulisan yang telah ditetapkan oleh Jurnal Psikologi Wacana, artikel dapat dikembalikan kepada penulis jika tidak mematuhi pedoman penulisan yang telah ditetapkan oleh Jurnal Psikologi Wacana.
  • Artikel yang dikirim belum pernah diterbitkan sebelumnya dan tidak sedang dalam proses pertimbangan di jurnal yang lain.
  • Artikel dikirim secara online (https://jurnal.uns.ac.id/wacana/index).
  • Penulis pertama atau penulis korespondensi harus memiliki akun dengan mendaftar sebagai penulis di https://jurnal.uns.ac.id/wacana/index Setelah login
  • Setelah login sebagai penulis, klik ‘New Submission” dan mengikuti alur tersebut sampai selesai. Setelah selesai, artikel akan di proses melalui sistem online (OJS)


Petunjuk bagi calon penulis Jurnal Wacana

  1. Bentuk: Jurnal Psikologi Wacana merupakan hasil penelitian di bidang psikologi. Naskah boleh dalam bentuk Bahasa Indonesia, diketik dengan font MS Word Cambria ukuran 11, spasi 1.5, ukuran halaman A4, dan panjang 10-25 halaman termasuk daftar pustaka (3000-8000 kata).
  2. Struktur: Struktur artikel harus mencakup judul, nama penulis tanpa gelar, institusi, email penulis, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.
  3. Judul: Judul ditulis secara ringkas, lugas, kreatif, dan menarik menggambarkan isi artikel. Lokasi penelitian disajikan pada bagian metode, bukan pada judul. Judul ditulis dengan menggunakan font Cambria ukuran 14, spasi 1, center. Maksimal 14 kata dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  4. Nama penulis dan institusi: nama lengkap tanpa gelar, institusi tempat penulis bekerja/belajar, dan alamat email penulis. Nama penulis ditempatkan di bawah judul artikel.
  5. Abstrak: abstrak harus ditulis dalam dua Bahasa: Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, maksimal 200 kata dengan font Cambria ukuran 11, spasi 1, dan justify/rata kanan-kiri. Abstrak Bahasa Inggris ditulis dalam bentuk italic. Abstrak harus jelas, deskriptif, dan harus memberikan gambaran singkat tentang masalah yang diteiliti, memuat informasi: alasan pemilihan atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian, ringkasan hasil, dan kesimpulan. Kata kunci: harus terdiri dari 3-5 kata, dapat diambil dari variabel penelitian, karakteristik subjek penelitian dan atau teori yang menjadi acuan.
  6. Pendahuluan: Berisi uraian masalah yang mendasari, tujuan, manfaat penelitian, tinjauan teoretis dan hipotesis (jumlah total halaman tidak boleh lebih dari 20% dari keseluruhan halaman manuskrip). Di dalamnya mengandung; (a) perkembangan ilmiah terkini dari variabel yang diteliti; (b) kesenjangan penelitian; (c) argumen peneliti dalam memenuhi kesenjangan sebagai komitmen mereka untuk berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan; dan (d) objektivitas penelitian. Pendahuluan ditulis menggunakan font Cambria ukuran 11, spasi 1,5, dan justify/rata kanan-kiri.
  7. Metode: Bagian ini menjelaskan variabel penelitian, subjek penelitian yang meliputi jumlah, dan karakteristik khusus yang relevan misalnya usia, asal subjek penelitian. Selain itu, uraikan juga instrumen pengukuran dan uraikan tentang alat ukur yang digunakan dalam penelitian. Jelaskan tentang validitas dan reliabilitas instrumen yang digunakan (penelitian kuantitatif), dan uraikan metode pengambilan data disertai dengan pertanyaan dan panduan observasi (penelitian kualitatif). Selain itu, dapat dijelaskan analisis data penelitian yang digunakan. Panjang tulisan pada bagian ini kurang lebih 20% dari total naskah. Metode penelitian ditulis menggunakan font Cambria ukuran 11, spasi 1,5, dan justify/rata kanan-kiri.
  8. Hasil: Bagian ini mencakup hasil temuan penelitian dengan panjang tulisan kurang lebih 20% dari total artikel. Pada penelitian kualitatif, bagian hasil memuat data data temuan secara rinci dan lengkap dengan subtopik subtopik atau kategori data, maupun kutipan kutipan data asli dari subjek yang mendukung temuan penelitian. Pada penelitian kuantitatif, bagian hasil memuat hasil analisis data statistik dan penjelasannya. Tabel, skema atau bagan, gambar dan grafik dapat digunakan untuk membantu dalam penyajian hasil temuan penelitian dan harus diuraikan dalam paparan. Penulisan hasil tersebut mengacu pada format manual publikasi American Psychology Association (APA) edisi ketujuh. Paparan hasil ditulis menggunakan font Cambria ukuran 11, spasi 1,5, dan justify/rata kanan-kiri.
  9. Pembahasan: Penjelasan mengenai hasil penelitian seperti apakah temuan/ hasil penelitian menjawab tujuan penelitian, bagaimana hal tersebut dapat terjadi dan dikaitkan dengan hasil penelitian sebelumnya. Penjelasan tersebut dianalisis secara kritis dan dikaitkan dengan literatur yang relevan (10 tahun terakhir). Perbandingan ini harus menyoroti perbedaan dengan temuan penelitian sebelumnya yang berpotensi memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Panjang tulisan pada bagian ini kurang lebih 30-40% dari keseluruhan tulisan. Pembahasan ditulis menggunakan font Cambria ukuran 11, spasi 1,5, dan justify/rata kanan-kiri.
  10. Simpulan: Simpulan harus menjawab tujuan penelitian, bukan meringkas temuan penelitian. Simpulan harus singkat, jelas, dan padat, berdasarkan temuan dan pembahasan (maksimal 1 halaman), ditulis dalam bentuk paragraf (bukan numerik), berisi sintesa temuan dari analisis dan pembahasan data, dan menonjolkan temuan baru yang berkontribusi pada perkembangan psikologi sebagai ilmu. Simpulan ditulis menggunakan font Cambria ukuran 11, spasi 1,5, dan justify/rata kanan-kiri.
  11. Implikasi: Implikasi ditulis secara singkat, jelas, dan padat, dalam bentuk paragraf (bukan numerik). Implikasi dari penelitian ini dapat berupa saran untuk penelitian masa depan, saran kebijakan (misalnya, saran untuk penelitian masa depan, saran kebijakan, dll). Implikasi ditulis menggunakan font Cambria ukuran 11, spasi 1,5, dan justify/rata kanan-kiri.
  12. Ucapan Terima Kasih: Ucapkan terima kasih hanya dituliskan bila ada dukungan hibah dari instansi tertentu. Ucapan terima kasih dapat diberikan kepada siapa saja yang telah berkontribusi pada penelitian (misalnya, organisasi pendanaan, asisten peneliti). Nama organisasi pemberi dana dapat ditulis lengkap. Selain itu, penulis juga dapat mencantumkan individu yang telah membantu selama penelitian. Ucapan Terima Kasih ditulis menggunakan font Cambria ukuran 11, spasi 1,5, dan justify/rata kanan-kiri.
  13. Daftar Pustaka: Daftar pustaka berisi semua referensi yang dikutip dalam artikel dan berasal dari sumber yang relevan, setidaknya 80% adalah sumber terbaru (10 tahun terakhir), dan setidaknya 80% merupakan jurnal penelitian baik nasional maupun internasional yang terindeks. Penulisan daftar pustaka tersebut mengacu pada format manual publikasi American Psychology Association (APA) edisi ketujuh. Artikel referensi yang memiliki DOI, link DOI-nya harus dicantumkan dalam penulisan referensi (ditulis huruf kecil, doi: ..). Jika tidak memiliki DOI, maka dilengkapi link onlinenya setelah frase Retrieved from Tidak ada pengkategorian atau pemisahan sumber referensi (misalnya: sumber internet atau media massa dipisahkan dari sumber utama). Daftar pustaka disusun sesuai dengan urutan abjad. Penulis sangat disarankan untuk menggunakan program referensi seperti Zotero, Mendeley maupun EndNote. Daftar Pustaka ditulis menggunakan font Cambria ukuran 11, spasi 1, dan justify/rata kanan-kiri.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Jurnal psikologi Wacana menjunjung tinggi integritas dan etika akademik, sehingga mempertimbangkan masalah plagiarism/penyalahgunaan artikel yang diterbitkan di jurnal lain. Selain itu, penulis wajib memastikan bahwa naskah belum pernah dipublikasikan di media publikasi atau jurnal lain. Setiap naskah yang telah diterbitkan pada jurnal psikologi wacana adalah milik jurnal psikologi wacana. Untuk naskah yang ditemukan menjiplak naskah lain/pelanggaran hak cipta tanpa izin, editor berhak untuk mencabut artikel tersebut dan melarang penulis untuk mempublikasikannya di jurnal psikologi manapun.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan dipublikasikan untuk tujuan lain atau pihak lain.