Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan di Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Surakarta : Studi Kasus Pelayanan Pengintegrasian Tarif Khusus Bus Batik Solo Trans
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi peningkatan kualitas pelayanan pengintegrasian tarif khusus bus batik solo trans. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan penelitian ditentukan secara purposive sampling yang mengetahui tentang pelayanan pengintegrasian tarif khusus Bus Batik Solo Trans yaitu Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan, Staf Bidang Angkutan Dinas Perhubungan.Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan analisis data dengan reduksi data, pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Surakarta melakukan strategi peningkatan kualitas pelayanan pengintegrasian tarif khusus dengan strategi self-esteem melalui evaluasi, pengembangan struktur, komunikasi yang aktif dan peningkatan disiplin. Strategi Exceed Expectation melalui penekanan Standar Operasional Prosedur, pengadaan survei untuk penilaian pelayanan. Strategi Recovery melalui platform Unit Aduan Layanan Surakarta sebagai sarana menanggapi keluhan masyarakat. Strategi Vision dengan peluncuran aplikasi Teman Bus untuk informasi yang lebih luas. Strategi Improving melalui bimbingan teknis untuk pegawai yang memberikan pelayanan pengintegrasian tarif khusus BST. Strategi Care melalui komunikasi secara aktif dengan pengguna layanan dengan mendatangi kantor dan menanggapi secara langsung. Strategi Empowerment dengan pengadaan bimbingan teknis untuk pegawai agar dapat memberikan pelayanan yang profesional dan empatik.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aeni, S. N. (2022). Observasi adalah Salah Satu Metode Pengumpulan Data, Ini Penjelasannya.https://katadata.co.id/agung/berita.
Afiyanti, Y. (2008). Validitas dan Reliabilitas Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(2), 137-141.
Aksiwi, R. D., & Sagoro, E. M. (2014). Implementasi metode pembelajaran course review horay untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar jurnal penyesuaian. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1).
Aksorn, T., & Hadikusumo, B. H. W. (2007). Gap analysis approach for construction safety program improvement. Journal of Construction in Developing Countries, 12(1), 77–97.
Amelia, R. C. A., Mulyantomo, E., & Rianto, S. (2020). Persepsi Pengguna Jasa Trans Jateng Terhadap Kualitas Pelayanan Angkutan Aglomerasi Perkotaan Trans Jateng (Studi Kasus Trans Jateng Koridor I Semarang (Tawang) Bawen). Solusi, 18(4).
Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan (Jiwa), 2020 2022. https://surakartakota.bps.go.id
DetikJateng (2023). Ada Tarif Baru per 1 Juli 2023, Berikut Rute Lengkap BST Solo. https://www.detik.com/jateng/berita.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Batik Solo https://pariwisatasolo.surakarta.go.id/destinations/batik-solo- trans/
DPMPTKP.(2019) . Pelayanan prima diartikan sebagai service excellent. https://www.djkn.kemenkeu.go.id
Ibrahim, Amin. (2008). Teori dan Konsep Pelayanan Trans Publik Serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju
Ismianingtyas, R., & Agustina, I. F. (2019). Kualitas pelayanan transportasi di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kabupaten Sidoarjo. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 5(1), 125. https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i1.1319
Isnaini, M. & Oktariyanda T.A. (2021) Strategi Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Layanan Traffic Accident Claim System di Polres Bojonegoro. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(2). https://doi.org/10.26740/publika.v9n2.p83-96
Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitasdengan menggunakan spss, 1-12. https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52
Kadir, A. (2006). Transportasi: Peran dan dampaknya dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Jurnal Perencanaan Dan Pengembangan Wilayah Wahana Hijau, 1, 121–131.
Khasanah, I., & Pertiwi, O. D. (2010). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen RS St. Elisabeth Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, 12(2), 117
Kundiman, T. (2022). Peranan Dinas Perhubungan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Masyarakat Dalam Menggunakan Angkutan Kota Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), 308-319. https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43798
Lestari, E. D. (2015). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Surabaya. Publika, 3(4).
Marwiyah S Siti. (2023) Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Era Digitalisasi Maulidiah, S. (2014). Pelayanan Publik, Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan (PATEN).
Meldiana Pratiwi. (2021). Analisis Pelayanan Transportasi Angkutan Umum (Studi Kasus Trans Musi) Di Kota Palembang https://conference.binadarma.ac.id/index.php/BDCES/article/download/296 9/1216/
Milles B M. Huberman Michael A, and Saldana Jhonny (2014). Qualitative Data Analysis. A Methods Sourcebook.
Nurlia (2018). Strategi Pelayanan Dengan Konsep Service Excellent.
Parasuraman, Valarie A., Zeithmal dan Leonard L, Berry. 1998. . Servqual A Multipel Ite Scale For Meansuring Customer Perseption of Service Quality. Jurnal of Relating
Permata Sari Dwiyani (2022). Apa itu Pelayanan Prima?.
Putri, V. K. M. (2021). Observasi: Pengertian Para Ahli, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Jenisnya. https://www.kompas.com/
Rahman Sudrajat. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Yang Berkelanjutan Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang.
Ricardianto, P., Yanto, T., Wardhono, D., Fachrial, P., Sari, M., Suryobuwono, A., ... & Endri, E. (2023). The impact of service quality, ticket price policy and passenger trust on airport train passenger loyalty. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 307-318. 10.5267/j.uscm.2022.9.012
Rustanto Edi Agung. (2019). Kunci Sukses Pelayanan Bisnis. Yogyakarta. Bening Pustaka
Soloinfo (2023). Tarif Integrasi Bus Batik Solo Trans Mulai Juli 2023. https://soloinfo.id/
Supriyadi, M. A. A., & Niswah, F. (2019). Strateg Peningkatan Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang. Publika, 7(6). https://doi.org/10.26740/publika.v7n6.p%25p
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.