Efektivitas Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam Pengentasan Kemiskinan di Desa Karangduwur, Kabupaten Kebumen

Talita Amanda Azarine, Didik Gunawan Suharto

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam pengentasan kemiskinan di Desa Karangduwur, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan teori analisis kebijakan dengan mengukur efektivitas program yang dilihat dari empat aspek efektivitas menurut Budiani (2007) antara lain sosialisasi program, ketepatan sasaran program, pemantauan atau pengawasan program, dan tujuan program. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif yang dimulai dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Karangduwur, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen jika dilihat dari aspek efektivitas belum terlaksana dengan baik. Hasil tersebut dilihat dari aspek sosialisasi program yang belum berjalan dengan efektif karena informasi yang disampaikan pada saat sosialisasi belum tersampaikan dengan baik kepada para KPM. Sedangkan ketiga aspek lainnya sudah berjalan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Karangduwur, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen masih perlu dilakukan peningkatan efektivitasnya.

Kata Kunci

BPNT; Efektivitas; Kemiskinan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Adnan, M. F., & Farhani, A. (2021). Efektivitas Pelayanan Dokumen Kependudukan melalui Sistem Paduko. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 65–78.

Arfiani, D. (2009). Berantas Kemiskinan. In Alprin Finishing (Issues 978-979-053-079–9).

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). 済無No Title No Title No Title. NBER Working Papers, 89.

Budiani, N. W. (2007). Efektivitas Program Penanggulangan Pengganguran. Jurnal Ekonomi Dan Sosial, 2(1), 49–57.

Firdausa, M. A., & Usnan, U. (2023). Analisis Efektivitas Penyaluran Zakat Produktif (Studi pada BAZNAS Kota Surakarta). Journal of Economics and Business Research (JUEBIR), 2(2), 133–141. https://doi.org/10.22515/juebir.v2i2.7847

Nurhasan, R., Kusrin, & Purnamasari, H. (2021). Efektivitas Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam Program E-Waroeng Kepada Masyarakat Desa Tanjung Baru Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 274–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.5763945

William N. Dunn. (2003). William-N.-Dunn-Pengantar-Analisis-Kebijakan-Pulblik-Gadjah-Mada-University-Press-2003_compressed-1.pdf (p. 710).

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.