Efektivitas Mal Pelayanan Publik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) di Kabupaten Magetan

Nur Zulfa Laily, Sri Yuliani

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Mal Pelayanan Publik Kabupaten Magetan dalam memberikan pelayanan KTP-El. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem pelayanan pembuatan KTP-El di Kabupaten Magetan yang masih berbelit-belit dan akses pelayanan yang belum optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Magetan. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara secara langsung oleh informan yang meliputi, Kepala Dinas Disdukcapil, Staf pelyanan KTP-El Mal Pelayanan Publik serta masyarakat pengguna layanan KTP-El di MPP. Selain itu data juga diperoleh dari hasil observasi dan pengamatan secara langsung mengenai kondisi lapangan, serta dokumen arsip yang mendukung lainnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur tingkat Efektivitas Mal Pelayanan Publik Kabupaten Magetan yang kemudian akan dijadikan bahan evaluasi bagi beberapa pihak yang terkait, dan juga bermanfaat bagi pembaca.

Kata Kunci

Efektivitas, Pelayanan Publik, KTP-El

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abukosim, A. (2009, Desember ). Ekonomi Biaya Tinggi, Investasi Dan Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 7 No.2, 54-61.

Adnan, S. A. (2016, 02 12). Sejarah Panjang KTP Indonesia. Retrieved 07 18, 2023, from medcom.id: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/0k8gPpPb-sejarah-panjang-ktp-indonesia

Bupati Magetan Nomor 80 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan.

Davis, F. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and useracceptance of information technology. MS Quarterly (online), 13 No. 3.

Denhardt, D. J. (2003). The New Public Service: Serving, Not Steering. M. E Sharpe.

Edi Sutriati, D. D. (2018). Keefektifan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Pada Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 8 Nomro 1.

Evektivitas Kerja Pegawai. Konsep efektivitas menurut Chester I. Barnard (dalam Gibson dkk., 1991 : 27) . (n.d.).

Gibson, L. d. (2000). Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Handoko, H. (2003). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. . Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Indonesia.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Hidayat. (1986). Definisi Efektivitas. BandungAngkasa.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik. (n.d.).

Lewis, C. W. (2005). Tantangan Etis dalam Pelayanan Publik: Panduan Pemecahan Masalah. .

LilikAbdi. (2023, 06 15). Jauh Dari Target, Masih Banyak Warga Magetan yang Belum Beralih ke KTP Digital. Retrieved 07 18, 2023, from beritatrens.co.id: https://beritatrends.co.id/jauh-dari-target-masih-banyak-warga-magetan-yang-belum-beralih-ke-ktp-digital/

Lubis, S. M. (1987). Teori Organisasi : Suatu Pendekatan Makro. . Jakarta: Erlangga.

Lubis, T. M. (1987). Hukum dan ekonomi: beberapa pilihan masalah. Pustaka Sinar Harapan.

M, S. (2013, 2). Efektivitas Pelayanan Publik Dalam Perspektif Konsep Administasi Publik. Jurnal Academia Fisip Untad, Vol 5 no 1 .

Magetan, D. (12, 1 2022). Perekaman Jemput Bola : di SMKN Bendo. Retrieved 07 18, 2023, from disdukcapil.magetan.co.id: https://dispenduk.magetan.go.id/perekaman-jemput-bola-di-smkn-bendo/

Magetan, D. (n.d.). Penerbitan KTP-el baru. Retrieved 07 18, 2023, from disdukcapil.magetan.co.id: https://dispenduk.magetan.go.id/penerbitan-ktp-el-baru/

Mansyur, S. (2013, Februari). Efektivitas Pelayanan Publik Dalam Perspektif Konsep Administrasi Publik. Jurnal Academica Fisip Untad, 05 No 01, 965-966.

Mariono, S. (2018, Januari 22). Warga Keluhkan Lambatnya Pembuatan E-KTP. Retrieved Mei 03, 2023, from kalsel.antaranews.com: https://kalsel.antaranews.com/berita/62292/warga-keluhkan-lambatnya-pembuatan-e-ktp#mobile-nav

Masyita, B. (2020). Efektivitas Kebijakan Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga Dan Ktp Elektronik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura. Jurnal Kebijakan Publik, 3 No.1.

Peraturan Bupati Magetan Nomor 56 Tahun 2016 tentang Kedudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan.

Peraturan Bupati No 14 Tahun 2022 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Peraturan daerah Nomor 10 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. .

Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelayanan Publik.

Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Peraturan Publik. (n.d.).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Admnistrasi Kependudukan .

Peraturan presiden Nomor 26 Tahun 2009 yang telah di ubah dengan Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional. .

Rahmadani, F. N. (2020). Akuntabilitas Dispendukcapil Dalam Meningkatkan Pelayanan E-KTP di Kota Malang. PROSIDING SIMPOSIUM NASIONAL, 764-787.

S, P. A. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Silayda E-KTP . Jurnal El-Thawalib.

Sinambela, L. P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Steers, R. (1985). Efektivitas Organisasi Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suriyani, A. E. (2017). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) di Kantor Kecamatan Bintang Ara Kaabupaten Tabalong. Jurnal Pemikiran dan Penelitian, 463-474.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan. (n.d.).

Zaki Baridwan, S. S. (2014). Kemudahan penggunaan. Yogyakarta: Erlangga.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.