Efektivitas Mal Pelayanan Publik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) di Kabupaten Magetan

Nur Zulfa Laily, Sri Yuliani

Sari

This study aims to analyze the effectiveness of the Magetan District Public Service Mall in providing KTP-El services. The background of this research is that the service system for making KTP-El in Magetan Regency is still convoluted and access to services is not yet optimal. The method used in this study is a qualitative research method with a descriptive approach which was carried out at the Magetan District Public Service Mall. Sources of data will be obtained from the results of direct interviews with informants which include the Head of the Disdukcapil Office, KTP-El service staff at Public Service Malls and the public who use KTP-EL services at MPP. In addition, data will be obtained from observations and direct observations regarding field conditions, as well as other supporting archival documents. The data analysis technique used in this study is data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this research are expected to be a benchmark for the level of Effectiveness of the Magetan District Public Service Mall which will then be used as evaluation material for several related parties, and also useful for readers.

Kata Kunci

Effectiveness; Public Service; KTP-El

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abukosim, A. (2009, Desember ). Ekonomi Biaya Tinggi, Investasi Dan Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 7 No.2, 54-61.

Adnan, S. A. (2016, 02 12). Sejarah Panjang KTP Indonesia. Retrieved 07 18, 2023, from medcom.id: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/0k8gPpPb-sejarah-panjang-ktp-indonesia

Bupati Magetan Nomor 80 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan.

Davis, F. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and useracceptance of information technology. MS Quarterly (online), 13 No. 3.

Denhardt, D. J. (2003). The New Public Service: Serving, Not Steering. M. E Sharpe.

Edi Sutriati, D. D. (2018). Keefektifan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Pada Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 8 Nomro 1.

Evektivitas Kerja Pegawai. Konsep efektivitas menurut Chester I. Barnard (dalam Gibson dkk., 1991 : 27) . (n.d.).

Gibson, L. d. (2000). Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Handoko, H. (2003). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. . Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Indonesia.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Hidayat. (1986). Definisi Efektivitas. BandungAngkasa.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik. (n.d.).

Lewis, C. W. (2005). Tantangan Etis dalam Pelayanan Publik: Panduan Pemecahan Masalah. .

LilikAbdi. (2023, 06 15). Jauh Dari Target, Masih Banyak Warga Magetan yang Belum Beralih ke KTP Digital. Retrieved 07 18, 2023, from beritatrens.co.id: https://beritatrends.co.id/jauh-dari-target-masih-banyak-warga-magetan-yang-belum-beralih-ke-ktp-digital/

Lubis, S. M. (1987). Teori Organisasi : Suatu Pendekatan Makro. . Jakarta: Erlangga.

Lubis, T. M. (1987). Hukum dan ekonomi: beberapa pilihan masalah. Pustaka Sinar Harapan.

M, S. (2013, 2). Efektivitas Pelayanan Publik Dalam Perspektif Konsep Administasi Publik. Jurnal Academia Fisip Untad, Vol 5 no 1 .

Magetan, D. (12, 1 2022). Perekaman Jemput Bola : di SMKN Bendo. Retrieved 07 18, 2023, from disdukcapil.magetan.co.id: https://dispenduk.magetan.go.id/perekaman-jemput-bola-di-smkn-bendo/

Magetan, D. (n.d.). Penerbitan KTP-el baru. Retrieved 07 18, 2023, from disdukcapil.magetan.co.id: https://dispenduk.magetan.go.id/penerbitan-ktp-el-baru/

Mansyur, S. (2013, Februari). Efektivitas Pelayanan Publik Dalam Perspektif Konsep Administrasi Publik. Jurnal Academica Fisip Untad, 05 No 01, 965-966.

Mariono, S. (2018, Januari 22). Warga Keluhkan Lambatnya Pembuatan E-KTP. Retrieved Mei 03, 2023, from kalsel.antaranews.com: https://kalsel.antaranews.com/berita/62292/warga-keluhkan-lambatnya-pembuatan-e-ktp#mobile-nav

Masyita, B. (2020). Efektivitas Kebijakan Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga Dan Ktp Elektronik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura. Jurnal Kebijakan Publik, 3 No.1.

Peraturan Bupati Magetan Nomor 56 Tahun 2016 tentang Kedudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan.

Peraturan Bupati No 14 Tahun 2022 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Peraturan daerah Nomor 10 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. .

Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelayanan Publik.

Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Peraturan Publik. (n.d.).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Admnistrasi Kependudukan .

Peraturan presiden Nomor 26 Tahun 2009 yang telah di ubah dengan Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional. .

Rahmadani, F. N. (2020). Akuntabilitas Dispendukcapil Dalam Meningkatkan Pelayanan E-KTP di Kota Malang. PROSIDING SIMPOSIUM NASIONAL, 764-787.

S, P. A. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Silayda E-KTP . Jurnal El-Thawalib.

Sinambela, L. P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Steers, R. (1985). Efektivitas Organisasi Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suriyani, A. E. (2017). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) di Kantor Kecamatan Bintang Ara Kaabupaten Tabalong. Jurnal Pemikiran dan Penelitian, 463-474.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan. (n.d.).

Zaki Baridwan, S. S. (2014). Kemudahan penggunaan. Yogyakarta: Erlangga.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.