Kinerja Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) dalam Pengembangan Industri Kecil (IKM) Menengah di Kota Surakarta

Indra Wahyu Kurniawan, Son Haji

Sari

Sesuai Perda Nomor 2 Tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Surakarta Tahun 2005-2025 pada misi ke-4 yaitu ‘Mewujudkan Perekonomian Daerah yang Mantap”, tahun 2017 Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian mempunyai  11 (sebelas) Program dan 33 (tiga puluh tiga) Kegiatan yang dituangkan dalam Renja Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Tahun 2017. Hasil Rencana Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta adalah Program Tahunan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi, dan sasaran Program. Rencana Kerja menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan selama Tahun 2017, selain dapat memberikan gambaran pelaksanaan kegiatan dengan Perencanaan dan Penganggaran yang berhasil dan berdaya guna bagi pembangunan Kota Surakarta, berfungsi pula memberikan umpan balik yang sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan dan penyusunan rencana di masa mendatang sehingga akan diperoleh peningkatan kinerja ke arah yang lebih baik. Dalam pelaksanaannya pelayanan yang diberikan oleh dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pelaku industri.

Dalam artikel ini menggunakan penulisan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam mengkaji dokumen dan observasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sedangkan uji validitas data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah triangulasi metode dan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif.

Dalam penelitian ini terlihat bahwa telah berjalannya kinerja pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta dalam pengembangan Industri Kecil Menegah sesuai proses perencanaan yang menurut teori Sobandi ,2006  walau masih terdapat beberapa aspek yang menjadi kendala. Namun pemerintah Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian hingga saat ini masih terus melakukan perbaikan hingga mengembangkan konsep yang telah berjalan untuk dapat lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kata Kunci

Kinerja Organisasi, Industri Kecil Menegah, Kota Surakarta

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.