Analisis Kesuksesan Pelayanan Perizinan Berbasis Online Single Submission pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Magelang

Jayanti Arvi Setiani, Priyanto Susiloadi

Sari

Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi keberhasilan pelayanan publik berbasis egovernment berupa sistem pelayanan perizinan Online Single Submission (OSS) di Kota Magelang. Hal ini dilakukan dengan menguji pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas pelayanan terhadap manfaat bersih, dengan penggunaan dan kepuasan pengguna sebagai variabel mediasi. Untuk mengevaluasi kesuksesan sistem pelayanan OSS, digunakan Model kesuksesan dari DeLone & McLean (2003). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan sampel 97 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diserahkan kepada pengguna layanan yang pernah melakukan pelayanan perizinan dengan sistem OSS di Kota Magelang. Adapun untuk menganalisis data digunakan teknik analisis SEM berbasis PLS. Hasil menunjukkan bahwa pengaruh yang positif dan signifikan ditunjukan pada kualitas sistem dengan penggunaan, kualitas sistem dengan kepuasan pengguna, kualitas pelayanan dengan penggunaan, kualitas pelayanan dengan kepuasan pengguna, penggunaan dengan manfaat bersih, dan kepuasan pengguna dengan manfaat bersih. Sedangkan untuk variabel kualitas informasi dengan penggunaan tidak menunjukkan pengaruh yang positif, dan kualitas informasi dengan kepuasan pengguna tidak menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan.

Kata Kunci

analisis kesuksesan, D&M Is Success Model, e-government, online single submission

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Assegaf, M. I. F., Juliani, H., & Sa’adah, N. (2019). Pelaksanaan online single submission (oss) dalam rangka percepatan perizinan berusaha di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah. Jurnal Hukum Diponegoro, 8(2), 1328–1342.

Bailey, J. E., & Pearson, S. W. (1983). Development of a tool for measuring and analyzing computer user satisfaction. Management science, 29(5), 530-545.

Bisri, D. N. F., & Warsono, H. (2017). Analisis Sistem Penanganan Pengaduan pada Pelayanan Perijinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 6(4), 53-69

DeLone, W., & McLean E.R. (2003). The DeLone and Mclean Model of Information System Success : A Ten Year Update. Journal of MIS

Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The measurement of end-user computing satisfaction. MIS quarterly, 259-274.

DPMPTSP Kota Magelang. (2021). Rencana Strategis Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Magelang Tahun 2021-2026. Magelang :DPMPTSP Pintu Kota Magelang

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). Semarang : Badan Penerbit UNDIP.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121.

Jogiyanto H.M. (2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusumaningsih, R., & Azzahra, F. (2021). Kualitas Pelayanan Perizinan Pada Lembaga Online Single Submission (OSS) Di Dinas Penanaman Modaldan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Serang Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Hukum Dan Keadilan, 8(2), 225–244.

Ombudsman RI. (2019). Laporan Tahunan Ombudsman Republik Indonesia Tahun 2019. Ombudsman RI.

Pangestu, I. D., Fahrullah, & Sari, N. W. W. (2023). Evaluasi kesuksesan penggunaan sistem informasi accurate menggunakan delone and mclean models. Jurnal Computer Science and Information Technology (CoSciTech), 4(1), 7–14.

Petter, S., DeLone, W., & McLean, E. (2008). Measuring information systems success: Models, dimensions, measures, and interrelationships. European Journal of Information Systems, 17(3), 236–263.

Purwanto, & Suharno. (2017). E-LEARNING DI PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MERCU BUANA. Jurnal Manajemen, XXI(02), 282–305.

Radityo, D., & Zulaikha, Z. (2007). Pengujian Model DeLone and McLean Dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (Kajian Sebuah Kasus). Simposium Nasional Akuntansi X, 1-25.

Romayah, S., Suroso, A. I., & Ramadhan, A. (2015). Evaluasi Implementasi E-government di Instansi XYZ. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(4), 612-620.

Thareq, S. I., & Fitrah, A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Online Single Submission (OSS) pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Provinsi Bengkulu. PERSPEKTIF, 2.

Yoon, S. J., & Kim, M. Y. (2023). A Study on the Improvement Direction of Artificial Intelligence Speakers Applying DeLone and McLean’s Information System Success Model. Human Behavior and Emerging Technologies.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.