Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Info Lalin Solo Dishub Kota Surakarta (Official) di Kota Surakarta

Eduardus Giga Kristofer, Herwan Parwiyanto

Sari

Salah satu bentuk smart city yang diluncurkan oleh pemerintah Kota Surakarta adalah aplikasi Info Lalin Solo Dishub Kota Surakarta (Official). Ditinjau dari penilaian dan ulasan masyarakat yang terdapat dalam Google Playstore menunjukan tingkat kepuasan yang masih rendah dan terdapat berbagai keluhan dari masyarakat terhadap aplikasi Info Lalin Solo Dishub Kota Surakarta (Official). Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif digunakan untuk melihat hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini menggunakan model dari Doll dan Torkzadeh (1988) yaitu End User Computing Satisfaction (EUCS) yang secara khusus digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna sebuah sistem informasi yang meliputi 5 faktor yakni isi, akurasi, ketepatan waktu bentuk, kemudahan penggunaan. Pengolahan data dilakukan menggunakan program SPSS untuk mengetahui masing-masing hasil uji hipotesis. Adapun analisis data meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji t (uji parsial), dan uji koefisien determinasi (R2 ). Hasil dari penelitian adalah variabel akurasi dan kemudahan penggunaan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna Info Lalin Solo Dishub Kota Surakarta (Official). Sebaliknya untuk variable isi, ketepatan waktu, dan bentuk tidak terdapat pengaruh terhadap kepuasan pengguna Info Lalin Solo Dishub Kota Surakarta (Official).

Kata Kunci

End User Computing Satisfaction, Kepuasan, Info Lalin Solo Dishub Kota Surakarta (Official)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amran. 2020. Penilaian Opini Pengawasan Pelayanan Publik Kebanggaan Ombudsman RI Ke Depan. Diakses pada 15 Agustus 2022 jam 19.21 WIB dari: https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--penilaian-opini-pengawasan-pelayanan-publik-kebanggaan-ombudsman-ri-ke-depan

APJII. Hasil Survei Profil Internet Indonesia 2022. 12 Agustus 2022 18.42 WIB https://apjii.or.id/content/read/39/559/Laporan-Survei-Profil-Internet-Indonesia-2022

BPS. Indikator Kesejahteraan Rakyat Kota Surakarta. 12 Agustus 2022 17.21 WIB https://surakartakota.bps.go.id/publication/2021/12/23/c035afba435cdcb0d3d2f29c/indikator-kesejahteraan-rakyat-kota-surakarta-tahun-2021.html

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrawati Indrawati. 2019. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(2), 118-128. DOI: http://dx.doi.org/10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128

Machmud Rizan. 2018. Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi. Gorontalo: Ideas Publishing

Putri Ratri Ika & Desiderius Priyo Sudibyo. 2018. Manajemen Pengaduan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Komparasi Praktik E-Government: “ULAS” dan “Lapor!”). Prosiding Seminar Nasional Administrasi Publik, 61-68.

Sitanggang Ramayanti dkk. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Pemecutan Kelod Kota Denpasar. Jurnal Administrasi Publik, 5(1), 72-82. Doi: https://doi.org/10.22225/pi.5.1.2020.72-82

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Wahyudiyono. 2019. Implikasi Penggunaan Internet Terhadap Partisipasi Sosial di Jawa Timur. Jurnal Komunikasi Media dan Informatika, 8(2), 63-68. Doi: https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2487

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.