Efektivitas Pelaksanaan Program Satu Paket Urusan Kependudukan Warga Terpenuhi (SAPUKUWAT) Di Kota Surakarta Sebagai Kota Layak Anak
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Wahab, Solichin. 2008. Analisis Kebijakan : Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara Edisi Kedua. Bumi Aksara. Jakarta.
Agustino, Leo. 2008. Dasar- dasar Kebijakan Publik. Alfabeta: Bandung.
Androutsopoulou, A., Karacapilidis, N., Loukis, E., & Charalabidis, Y. (2017, December). Towards an integrated and inclusive platform for open innovation in the public sector. In International Conference on e-Democracy (pp. 228-243). Springer, Cham.
Arikunto S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan ke-11. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arinda, P. R. (2014). Efektivitas Penerapan B-DISO (Banyuwangi Digital Society) dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Bidang Pendidikan (Studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Administrasi Publik, 2(2), 360-366.
Badan Pusat Statistik. (2019, November). Statistik Kesejahteraan Rakyat 2019. https://www.bps.go.id/publication/2019/11/22/1dfd4ad6cb598cd011b500f7/statistik-kesejahteraan-rakyat-2019.html. Diakses pada tanggal 24 Maret 2020.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Bekkers, V. J. J. M., Edelenbos, J., Nederhand, J., Steijn, A. J., Tummers, L. G., & Voorberg, W. H. (2014). The social innovation perspective in the public sector: Co-creation, self-organization and meta-governance.
Cahyaningrum, A. (2019). Inovasi Pelayanan melalui Aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman” oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2).
Devung, G. Simon. 1988. Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. (2019, September) https://dispendukcapil.surakarta.go.id. Diakses pada 5 April 2020.
Dunn, William N. 1998. Analisa Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Edi Suharto 2008. Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik, hlm 3.
Gascó, M. (2017). Living labs: Implementing open innovation in the public sector. Government Information Quarterly, 34(1), 90-98.
Hamudy, M. I. A. (2015). Upaya Mewujudkan Kota Layak Anak di Surakarta dan Makassar. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 7(2), 149-160.
Handayaningrat, Soewarno. 1990. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : Haji Masagung.
Hodge, B.J. &William P. Anthony, 1984, Organization Theory, Second Edition, United State of America: Allyn and Bacon
Idrus, I. A., & Ferdian, K. J. (2019). Implementasi Pelayanan Publik Pada Program SIDUKUN 3 In 1 Dalam Pengurusan Administrasi Kependudukan Di Dki Jakarta. Journal of Governance and Local Politics, 1(2), 193-204.
Japami, W., & Eriyanti, F. (2020). Efektivitas Pelayanan Keliling Online Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Teori dan Riset Administrasi Publik, 2(2), 94-101.
John W. Creswell, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2013).
Kemendagri,http://ppid.kemendagri.go.id/storage/dokumen/30360000239_kota_layak_anak.pdf. Diakses pada 25 Maret 2020.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2018, September) https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/1875/pentingnya-keabsahan-anak. Diakses pada 14 April 2020.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2020, September) https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/tingkatkan-kepemilikan-akta-kelahiran-di-surakarta-dengan-program-kia-dan-si-rela . Diakses pada 6 Juni 2021
Keputusan Walikota Surakarta Nomor 463.05/91.3 Tahun 2020 Tentang Pembentukan Gugus Tugas Kota Layak Anak di Kota Surakarta
Kumaladewi, N., Ratnawati, S., Pamungkas, B. D. B. A., & Huda, M. Q. (2018, August). Development of Population Administration Service System. In 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (pp. 1-5). IEEE.
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Mahsun. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. BPFE,Yogyakarta.
Mills, S., Lee, J. K., & Rassekh, B. M. (2019). Benefits of linking civil registration and vital statistics with identity management systems for measuring and achieving Sustainable Development Goal 3 indicators. Journal of Health, Population and Nutrition, 38(1), 18.
Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung
Nugroho D, Riant. 2012. Public Policy. Jakarta:Gramedia
Nurrahman, M. A., Resmawan, E., & Rande, S. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. eJournal Administrative Reform, 6 (3) : 292-301
Patilima, Hamid. (2017, Maret) Kota Layak Anak. https://www.kla.id/kota-layak-anak/. Diakses pada 16 April 2020.
Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 1 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 10 Tahun 2010.
Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Surakarta Tahun 2016-2021.
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2011 tentang Organisasi dan tata Kerja Dinas Daerah Kota Surakarta.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan
Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2011 tentang Indikator Kabupaten/Kota Layak Anak
Peraturan Walikota Surakaarta Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengembangan Kota Layak Anak
Radarsolo.(2019).https://radarsolo.jawapos.com/read/2019/03/07/123516/program-sapu-kuwat-urus-akta-kelahiran-cukup-sehari. Diakses pada 4 Juni 2020.
Rahmawati, E., & Suryawati, R. (2017). Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran Anak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) di Kota Surakarta. Jurnal Wacana Publik, 1(3), 24-39.
Republika.(2019).https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/19/02/11/pmrfgc399-771-anak-di-kota-solo-belum-miliki-akta-kelahiran. Diakses pada 26 Maret 2020.
Rosyidin, Muhammad Fathoni. 2014. Efektivitas Implementasi Program Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas Di Daerah Istimewa Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Roza, D., & Arliman, L. (2018). Peran Pemerintah Daerah untuk Mewujudkan Kota Layak Anak di Indonesia. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 25(1), 198-215.
Siagian, P. 2001. Organisasi dan Prilaku Administrasi. Jakarta.Gunung Agung.
Siahaan, E. O., Santoso, S., & Lituhayu, D. (2018). Evaluasi Dampak Pera Nomor 7 Tahun 2010 Kota Tentang Penataan Ruang Terbuka Hijau Kota Semarang (Studi di Kecamatan Candisari Kota Semarang). Journal of Public Policy and Management Review, 7(1), 94-103.
Suaramerdeka. (2020). Program Besuk Kiamat dan Sapu Kuwat Diharapkan Bisa Diduplikasi Daerah Lain https://www.suaramerdeka.com/regional/solo/221516-program-besuk-kiamat-dan-sapu-kuwat-diharapkan-bisa-diduplikasi-daerah-lain. Diakses pada 8 Juni 2020
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, cv, 2009)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, (Bandung : Alfabeta, 2010) h. 308.
Tangkilisan. 2003. The Policy-Making Process. Engleword Cliffs: Prentice Hall.
Undang-Undang Dasar 1945.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.
Wahyu P, Ellanda (2016). Kualitas Pelayanan Paket Perizinan Online Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (Bppt) Kabupaten Sidoarjo. Publika, 4(9).
Wibawa, Samodra, dkk. 1994. Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta : PT. Raja. Grafindo Persada.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.