Gaya Kepemimpinan Servant Leadership dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Angga Ferdinandito, Tiyas Nur Haryani

Sari

Artikel kali ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan servant leadership dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Metode yang digunakan adalah literature review dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analasis data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa gaya kepemimpinan servant leadership cenderung berkaitan secara tidak langsung dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Terdapat beberapa faktor seperti komitmen organisasi dan kinerja pegawai yang harus dilalui seorang pemimpin dengan gaya servant leadership dalam peningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kata Kunci

kinerja pegawai; komitmen organisasi; kualitas pelayanan publik; servant leadership

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Asnawi, S. (1999). SEMANGAT KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN. Jurnal Psikologi, 86-92.

Bernie, M. (2018, November 26). Jejak Korupsi Gubernur Aceh Irwandi Yusuf di Dua Masa Jabatan. Diambil kembali dari tirto.id: https://tirto.id/jejak-korupsi-gubernur-aceh-irwandi-yusuf-di-dua-masa-jabatan-dat8

Brata, A. A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Holle, E. S. (2011). PELAYANAN PUBLIK MELALUI ELECTRONIC GOVERNMENT: UPAYA MEMINIMALISIR PRAKTEK MALADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN PUBLIC SERVICE. Jurnal Sasi, 21-30.

Kamanjaya, I. H., Supartha, W. G., & Dewi, I. M. (2017). PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KINERJA PEGAWAI (Studi pada Pegawai Negeri Sipil di RSUD Wangaya Kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 2731-2760.

Kartono, K. (2002). Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Press.

Liden, C. R., Wayne, S. J., Zhao, H., & Henderson, D. J. (2008). Servant Leadership: Development of a Multidimensional Measure and Multi Level Assesment. The Leadership Quartely, 161-177.

Mira, W. S., & Margaretha, M. (2012). Pengaruh Servant Leadership Terhadap Komitmen Organisasi dan Organization Citizenship Behavior. Jurnal Manajemen, 189-2016.

Mufidah, S. Z., Issroviatiningrum, R., & Sari, D. W. (2018). Hubungan Gaya Kepemimpinan Dengan Budaya Organisasi Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Proceeding Unissula Nursing Conference (hal. 83-89). Semarang: UNISSULA PRESS.

Muhajir, I. (2014). ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Pada PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Semarang). JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA, 334-349.

Mustikadewi, K. (2015). Pengaruh Servant Leadership dan kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Karyawan Hotel Bintang-2 di Yogyakarta. Skripsi Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta, 1-144.

Northouse, P. G. (2013). Kepemimpinan: Teori dan Praktik. Edisi Keenam. Jakarta: PT Indeks.

Nugraha, I. (2019, April 26). KPK Tetapkan Wali Kota Tasikmalaya sebagai Tersangka. Diambil kembali dari Kompas.com: https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/nasional/read/2019/04/26/15063351/kpk-tetapkan-wali-kota-tasikmalaya-sebagai-tersangka

Nugraha, Y. A. (2016). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PT GENERAL FINANCE CABANG SERANG. Jurnal Ilmiah Revenue, 80-90.

Nupus, H. (2017, December 20). Ombudsman: Pelayanan publik Indonesia rendah. Diambil kembali dari www.aa.com:https://www.aa.com.tr/id/budaya/ ombudsman/-pelayanan-publik-indonesia-rendah/1009689

Ramli, M. (2017). KEPEMIMPINAN INOVATIF DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STRATEGIS PEMERINTAH KOTA MAKASSAR. Jurnal Politik Profetik, 168-184.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Lembaga Negara RI Tahun 2009. Sekretariat Negara. Jakarta

Rinaldi, R. (2012). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi pada Biro Umum Sekretariat Daerah Propinsi Sumatera Utara). Jurnal Administrasi Publik, 22-34.

Salutondok, Y., & Soegoto, A. S. (2015). PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, KONDISI KERJA DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR SEKRETARIAT DPRD KOTA SORONG. Jurnal EMBA, 849-862.

Sedarmayanti. (2010). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik). Bandung: PT Refika Aditama.

Sendjaya, S. (2015). Personal and organizational excellence through servant leadership. Australia: Springer International Publishing Switzerland.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2005). Service, Quality & Satisfication. Yogyakarta: Andi.

Wirjana, B. R., & Supardo, S. (2005). Kepemimpinan, dasar-dasar dan pengembangannya. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.