E – Government di Kota Surakarta Dilihat dari Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Annisaa Nurlaila Imania, Tiyas Nur Haryani

Sari

Tuntutan masyarakat dalam terciptanya good government di era globalisai, memunculkan layanan e-government. E-government adalah penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk administrasi pemerintahan yang efisien dan efektif, serta memberikan pelayanan yang transparan dan memuaskan kepada masyarakat. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan e-government di Kota Surakarta dilihat dari Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan analisis simak dokumen. Dimana dokumen yang akan di analisis adalah dokumen pada studi literature, berita, dan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang akan dikaji pada penerapan e-government di Kota Surakarta. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan e-government di Kota Surakarta telah sesuai dengan layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang termaktup dalam Perpres No. 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Kata Kunci

e-goverment; pelayanan administrasi; pelayanan publik; SPBE

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aosgi. (2017). Surakarta Dinobatkan Sebagai Pemerintah Daerah Inovatif. Surakarta: http://surakarta.go.id/.

Atthahara, H. (2018). INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT : STUDI KASUS APLIKASI OGAN LOPIAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DI KABUPATEN PURWAKARTA. JURNAL POLITIKOM INDONESIANA, 3(1), 66-77.

Dispendukcapil. (2017). Proposal Solo Destination, Solo Dalam Genggaman. Surakarta: http://organisasi.surakarta.go.id/.

Dispendukcapil. (2018). Proposal TAPE Pasar (Teknologi Aplikasi E-Retribusi Pasar). Surakarta: http://organisasi.surakarta.go.id/.

Hardjaloka, L. (2014). Studi Penerapan E-Government di Indonesia dan Negara Lainnya Sebagai Solusi Pemberantasan Korupsi di Sektor Publik. Jurnal Rechts Vinding, 3(3), 435-452.

Haryono, B. (2016). E-Kinerja. Yogyakarta: PPT Badan Kepegawaian Daaerah Yogyakarta.

Herawati, N. R. (2014). PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM MENDORONG TERWUJUDNYA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN YANG BAIK (Studi Penelitian Kabupaten/Kota di Jawa Tengah). Jurnal Ilmu Sosial, 13(2), 63-76.

jamkesnews. (2019). PEMKOT SURAKARTA LUNCURKAN “SAPU KUWAT”. Surakarta: http://www.jamkesnews.com/.

Juairiyah, O., & Hendrixon. (2017). Penerapan E-Office Dalam Administrasi Perkantoran (Studi Kasus : Balitbangda Prov. Sumsel). Jurnal Pembangunan Nagari, 2(1), 75-84.

kemenpar. e-performance. Jakarta: http://eperformance.kemenpar.go.id/.

Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta: GP Press-Group.

Mukti, A. H. (2018). Antisipasi Pungli Angkutan Berat, Dishub Solo Luncurkan Aplikasi SI DJAKA. Surakarta: TribunJateng.com.

Nawawi, H., & Martini, H. M. (1996). Penelitian Terapan (2nd ed.). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nugraha, J. T. (2018). E-GOVERNMENT DAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI TENTANG ELEMEN SUKSES PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT DI PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN). JURNAL KOMUNIKASI DAN KAJIAN MEDIA, 2(1), 32-42.

Paat, H. P., Tuju, E. F., & Kalalo, M. Y. (2018). IPTEKS IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH BERBASIS E-PLANNING PADA BADAN PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) SULAWESI UTARA. urnal Ipteks Akuntansi bagi Masyarakat, 2(2), 11-15.

Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah .

SoloTrust.com. (2017). Begini Cara Gunakan Aplikasi Si Djaka Bagi Pengemudi Angkutan Berat di Solo. Surakarta.

LPSE Surakarta. Layanan Pengadaan Secara Elektronik. Surakarta: http://lpse.surakarta.go.id/.

Sutrisno, M. R., Zauhar, S., & Said, A. (2015). INOVASI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Layanan Cetak Tiket Mandiri di Stasiun Besar Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(11), 1814-1820.

Tuslaela. (2017). KAJIAN PENERAPAN E-PROCUREMENT DENGAN METODE KUALITATIF DESKRIPTIF KOMPARATIF PADAPT. PEMBANGUNAN JAYA ANCOL TBK. Jurnal PROSISKO, 4(2), 1-8.

Wahab, R. A., & Arsyad. (2015). Studi Implementasi E-Government di Daerah Perbatasan. Jurnal Pekommas, 8(1), 1-14.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.