Evaluasi Implementasi Kebijakan Kabupaten Layak Anak Bidang Pendidikan di Kabupaten Grobogan

Roikhatul Miskiyah, Sri Yuliani

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA) Bidang Pendidikan di Kabupaten Grobogan. Secara spesifik untuk mengevaluasi Implementasi Kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA) Bidang Pendidikan dan faktor penghambat pelaksanaan Kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA) Bidang Pendidikan di Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data adalah dengan wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Dalam hal ini uji validitas data menggunakan teknik trianggulasi data sehingga informasi dari narasumber yang satu bisa dibandingkan dengan informasi dari narasumber yang lain. Sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi Kebijakan Kabupaten Layak Anak Bidang Pendidikan di Kabupaten Grobogan sebagain besar telah sesuai dengan Rencana Aksi Daerah (RAD) Kabupaten Layak Anak tahun 2015-2020. Meskipun demikian, masih terdapat hambatan-hambatan dari masing-masing program yang diimplementasikan. Hambatan yang ditemukan dalam implementasi Kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA) Bidang Pendidikan di Kabupaten Grobogan adalah jumlah sumber daya manusia yang terbatas, kurangnya pemahaman pelaksana kebijakan, sarana dan prasarana yang belum terpenuhi, terbatasnya anggaran, penyaluran informasi yang kurang baik, dan sikap pelaksana kebijakan kurang baik dalam implementasi Kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA) Bidang Pendidikan di Kabupaten Grobogan.

 

Kata Kunci

implementasi; kabupaten layak anak; pendidikan; rencana aksi daerah (RAD)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Dunn, William N, 2013, Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Yogyakarta, Gajah Mada University Press

Nugroho, Riant, 2008, “Public Policy”, Jakarta, Elexmedia Komputindo

Subarsono, A.G, 2006, “Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi”, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Wahab, Solichin Abdul, 2008, “Analisis Kebijaksanaan : Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara”, Jakarta, Bumi Aksara

Winarno, Budi, 2008, “Kebijakan Publik Teori dan Proses”, Yogyakarta, MedPress

Wibawa, Samodra dkk, 1994, “Evaluasi Kebijakan Publik”, Jakarta, PT Grafindo Persada

Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak

Rencana Aksi Daerah (RAD) Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Grobogan Tahun 2015-2020

UNICEF, 2015, Analisis Data Perkawinan Usia Anak

Child Friendly City, diakses pada tanggal 10 April 2017, tersedia pada www.unicef.org

Child Friendly City, diakses pada tanggal 16 April 2017, tersedia pada www.childfriendlycity.org

Indonesia Peringkat Tertinggi Kasus Kekerasan di Sekolah, diakses pada tanggal 16 April 2017, tersedia pada www.republika.co.id

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.