Kinerja Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sragen dalam Pengembangan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Bayanan Kabupaten Sragen

Dicky Amboro Yugo, Son Haji

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Dinas Pemuda, Olehraga dan Pariwisata Kabupaten Sragen dalam Pengembangan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Bayanan Kabupaten Sragen. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berusaha untuk menggambarkan bagaimana kinerja DISPORA Kabupaten Sragen dalam mengembangkan kepariwisataan di Obyek Wisata Pemandian Air Panas Bayanan. Data Primer yaitu; Informan atau narasumber, Data Sekunder yaitu; dokumentasi, literasi dan observasi. Analisis data menguanakan Menurut Miles dan Huberman (dalam Gunawan 2017: 210) mengemukakan ada tiga tahapan dalam melakukan analisis data dalam penelitian kualitatif yaitu, (1) Reduksi data (data reduction); (2) paparan data (data display); dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verifying). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sragen dalam Pengembangan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Bayanan Kabupaten Sragen telah dilakukan dengan cukup baik. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan beberapa hal yang telah memenuhi indikator dengan keberjalanan sebagaimana menstinya walaupun masih ditemukan berbagai kendala untuk memaksimalkan pengembangan di Obyek Wisata Pemandian Air Panas Bayanan tersebut.

Kata Kunci

akuntabilitas; kinerja; pariwisata; responsibilitas; responsivitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Bupati No.111 tahun 2016 Tentang Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sragen.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA,CV.

Yulian Sri, Sudarmo, dkk. (2010). Teori Administrai Negara. Surakarta: UNS Press

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10.Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.