ANALISIS E-GOVERNMENT DALAM PENERAPAN APLIKASI SOLODATA DI DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN (DISKOMINFO SP) KOTA SURAKARTA
Sari
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam tata kelola pemerintahan bertujuan untuk meningkatkan kinerja dengan cara yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel. Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DISKOMINFO SP) Kota Surakarta telah memperkenalkan suatu inovasi bernama Solodata, yang ditujukan untuk memperbaiki layanan publik terutama dalam manajemen data pembangunan daerah. Penelitian ini dilakukan agar dapat menganalisis penerapan e-government pada aplikasi SoloData di Diskominfo SP Kota Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan alat ukur kinerja yaitu Balanced Scorecard e-Government oleh Richardus Eko Indrajit (2006), terdapat 5 dimensi sebagai fokus penerapan e-government. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi SoloData telah memenuhi 3 dari 5 dimensi utama pada alat ukur kinerja yang digunakan untuk penelitian ini. Penerapan aplikasi SoloData oleh Diskominfo SP Kota Surakarta merupakan contoh nyata manajemen perubahan dalam transformasi digital pemerintahan. Karena, masih terdapat kendala yang pada aplikasi SoloData seperti belum terhubungnya aplikasi SoloData dengan SDI (Satu Data Indonesia) dikarenakan keterbatasan sumber daya pada Diskominfo SP dan masih banyak masyarakat Kota Surakarta yang belum mengetahui tentang aplikasi pengolahan data pembangunan daerah berbasis web ini serta kegunaan dari aplikasi SoloData.
Kata Kunci
Referensi
Aplonia Lau, Elfreda. 2023. “Efektivitas Dan Efisiensi Melalui Pemanfaatan Runout Time(Rot) Method.” Jurnal Exchal 5(1):1–11. Cahyadi, Adi. n.d. “KONSEP DAN PERMASALAHAN Latar Belakang Dan Konsep.” 1–12. Dimas Cahyo Nugroho, & Anisa Nabila Hasan. (2024). PENYUSUNAN MODEL BALANCED SCORECARD DAN APLIKASI SEDERHANA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DKI JAKARTA. Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 8(4), 121–130. https://doi.org/10.8734/musytari.v8i4.5681. Habibie, Dedi Kusuma. 2018. “CITIZEN-CENTRIC E-GOVERMENT PELAYANAN PUBLIK.” (1):1–8. Ibrahim, Adelina, Assaf Arief, and Saiful Do Abdullah. 2020. “Keamanan Untuk Penerapan Layanan Publik Pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (Spbe): Sebuah Kajian Pustaka Sistematis.” IJIS - Indonesian Journal On Information System 5(2):135. doi: 10.36549/ijis.v5i2.105. Indrajit, Eko, Electronic Government, Konsep Pelayanan, Public Berbasis, and Teknologi Informasi. 2006. “Prof. Eko Indrajit , Electronic Government : Konsep Pelayanan Public Berbasis Internet Dan Teknologi Informasi, APTIKOM, 2006 1.” Islami, Maulia Jayantina. 2021. “Implementasi Satu Data Indonesia: Tantangan Dan Critical Success Factors (CSFs).” Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika 10(1):13. doi: 10.31504/komunika.v10i1.3750. Kurnia, Titon Slamet, Umbu Rauta, Arie Siswanto, Fakultas Hukum, Universitas Kristen, Satya Wacana, and Jawa Tengah. 2017. “E-GOVERNMENT DALAM PENYELENGGARAAN.” (2). Lumbanraja, Anggita Doramia. 2020. “Urgensi Transformasi Pelayanan Publik Melalui E-Government Pada New Normal Dan Reformasi Regulasi Birokrasi.” 3(2):220–31. Moeheriono. 2012. Kinerja Pengukuran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya, Bandung. Pasi, Novlentina, Abdul Kadir, Fakultas Hukum, and Universitas Medan Area. 2017. “Jurnal Administrasi Publik Implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah Keuangan Berbasis Akrual Pada Pemerintah Kebupaten Dairi Implementation of Regional Management Information System Accrual Based to Dairi District Government Sistem Informasi Manajem.” 7(13):49–63. Rusdi, Ahmad, Roni Ekha Putera, and Kusdarini. 2022. “Analisis E-Government Dalam Penerapan Aplikasi Sapo Rancak Di DPMPTSP Kota Padang.” JIAP:Jurnal Ilmu Administrasi Publik 10(1):26–48. Setyawan, Arief, Achluddin Ibnu Rochim, and Bambang Kusbandrijo. 2022. “PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI PEMERINTAH DESA WONOKERTO KABUPATEN LUMAJANG PROVINSI JAWA TIMUR.” 2(02):43–52. Yeni, Afni, Seflidiana Roza, and Sabri Wahyu. 2023. “Pengaruh Kepemimpinan , Struktur Organisasi , Kedisiplinan , Dan Motivasi Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Solok ).” Journal Bintang Manajemen (1):76–87.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.