Kajian Terhadap Pembebasan Terdakwa Akibat Pengesampingan Alat Bukti Sebagai Alasan Kasasi

Firstananda Probojati Hartilo, Bambang Santoso, S.H., M.Hum

Abstract

   Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum normatif yang bersifat prespektif dengan pendekatan kasus. Teknik pengumpulan bahan hukum yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Penulis menggunakan metode analisis logika deduktif silogisme dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar alasan pengajuan kasasi oleh Penuntut Umum terhadap pembebasan Terdakwa dalam perkara Tindak Pidana Perbankan secara berlanjut dalam putusan Mahkamah Agung Nomor 1368 K/Pid.Sus/2015.Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa dalam Putusan Pengadilan Negeri Judex Factie menyatakan Terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dan dinyatakan bebas. Putusan Pengadilan Negeri terdapat kesalahan dalam penerapan hukum atau hukum tidak diterapkan sebagaimana mestinya Pasal 253 ayat (1) huruf a. Hakim Pengadilan Negeri Judex Factie dalam memutus perkara ini tidak mempertimbangkan bukti-bukti yang diajukan oleh penuntut umum dan hanya mendengarkan keterangan dari pihak Terdakwa saja.

    Kata Kunci : Kasasi, Tindak Pidana Perbankan

Full Text:

PDF

References

Hartiwiningsih. 2013. Kajian Kritis Tindak Pidana Korupsi Untuk Menangani Tindak Pidana Perbankan. Jurnal Yustisia. Vol. 02, No. 1.

Lukito, Anastasia Suhartati. 2016. Financial intelligent investigations in combating money laundering crime. Journal of Money Laundering Control. Vol. 19, Iss. 01, pp. 92-102.

Pratomo, Bayu. 2011. Tesis: Analisis Yuridis Terhadap Pembukaan Rahasia Bank Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberatasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Universitas Indonesia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.