Faktor Sosial Dalam Perubahan Bahasa Pada Grup Facebook Jual Beli Hp Bekas Se-Solo Raya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor sosial yang memepengaruhi perubahan bahasa yang terjadi pada grup jual-beli hp second di grup facebook se-Solo raya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif dengan teknik simak catat sebagai teknik pengumpulan datanya. Sumber penelitian berlokasi di grup facebook dengan aktivitas jual beli hp second di Solo raya. Sumber data dan data dalam penelitian ini menggunakan teknik cuplikan purposive sampling technique. Grup ini dipilih sebagai sumber data karena grup tersebut merupakan tempat berkumpulnya masyarakat dengan berbagai latar belakang sosial. Oleh karena itu, masyarakat tersebut memiliki bahasa khusus yang digunakan dalam aktivitas jual-beli dan mempengaruhi bahasa dari segi bentuk dan maknanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prubahan bahasa yang di gunakan dalam aktivitas jual beli hp di grup ini di pengaruhi oleh 3 faktor, yaitu: (1) tingkat pendidikan, (2) tingkat usia, (3) kelas sosial. Perubahan bahasa yang di pengaruhi oleh tingkat pendidikan cenderung memudahkan mereka dalam menulis kata dalam bahasa asing sehingga mempengaruhi bentuknya. Sedangkan, faktor rentang usia mempengaruhi pergeseran makna dalam suatu kata. Sementara itu, faktor kelas sosial ditandai dengan penggunaan kromo inggil dan krama madya yang menandakan bahwa mereka menjunjung tinggi unggah-ungguh atau rasa hormat kepada sesama anggota.
Refbacks
- There are currently no refbacks.