FUNGSI DAN PERAN KLAUSA 'WHICH' DALAM BUKU CERITA ANAK: KAJIAN SINTAKSIS

Monica Melinda Putri Susanti, Zoarinala Faratiana Irene Arson

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi dan peran dari klausa relatif yang bersifat tak membatasi which. Penelitian ini memiliki desain deskriptif kualitatif. Subjek kajian dalam penelitian ini adalah buku Children’s Bible Stories: Share the greatest stories ever. Objek kajian dalam penelitian ini 78 kalimat berbahasa Inggris yang mengandung klausa relatif which. Pengumpulan data di sini menggunakan metode simak dan teknik catat. Analisis datanya memanfaatkan metode padan referensial dan teknik pilah unsur penentu. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan, bahwa klausa which muncul dalam 16 kalimat untuk menjadi modifikator bagi nomina, frasa nominal, frasa verbal, dan klausa lain. Dalam konteks peran, klausa which memberikan informasi terkait keadaan atau situasi, tempat atau lokasi, agen atau pelaku, target atau sasaran, penyebab, dan instrumen atau alat.

Keywords

cerita anak; fungsi; klausa which; peran

Full Text:

PDF

References

Aarts, B. (2001). English Syntax and Argument (Second Edition). New York: PALGRAVE Abidin, Y. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara Allen, D. (2009). “A Study of the role of relative clauses in the simplification of news texts for learners of English”. Journal System, 37(4), 585-599 Brown & Miller. (2016). A Critical Account of English Syntax: Grammar, Meaning, Text. Chesire: Edinburgh University Press Burton-Roberts, N. (2011). Analysing Sentences: An Introduction to English Syntax (third edition). London: Pearson Education Cho & Lee. (2016). “English relative clauses in science and engineering journal papers: A comparative corpus-based study for pedagogical purposes”. Journal Ampersand, 3, 61-70 Kortmann dkk. (2005). “A Comparative Grammar of British English Dialects: Agreement, Gender, Relative Clauses”. Journal Topics in English Linguistics. Traugott, E.C. & Kortmann, Bernd (ed). De Guyter Miecznikowski, J. (2022). “Italian non vedo/non si vede + indirect wh-interrogative clause (‘I don’t see why/what/how…’) as a marker of disagreement”. Journal of Pragmatics, 197, 11-26 Radford, A. (2019). Relative Clauses: Structure and Variation in Everyday English. Cambridge: Cambridge University Press Sudaryanto. (2016). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press Tagholm dkk. (2021). Children’s Bible Stories: Share the greatest stories ever told. New York: DK Publishing Tallerman, M. (2015). Understanding Syntax (fourth edition). New York: Routledge Tao & McCarthy. (2001). “Understanding non-restrictive which-clauses in spoken English, which is not an easy thing”. Journal Language Sciences, 23(6), 651-677 Traffis, C. (2020, December 23). What Is a Subordinate Clause?. Retrieved from https://www.grammarly.com/blog/subordinate-clause/ Weichman, D. (2015). “Understanding Relative Clauses”. Journal Trends in Linguistics Studies and Monographs. Gas, Volker (ed). De Guyter

Refbacks

  • There are currently no refbacks.