Indexing metadata

Peningkatan Pengetahuan tentang Diabetes Melitus, Sindrom Metabolik, dan Faktor Risikonya melalui Edukasi pada Remaja Sekolah Menengah Pertama di Surakarta


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Peningkatan Pengetahuan tentang Diabetes Melitus, Sindrom Metabolik, dan Faktor Risikonya melalui Edukasi pada Remaja Sekolah Menengah Pertama di Surakarta
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Riandini Aisyah; - Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta - Pusat Studi Kedokteran Keluarga, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Safari Wahyu Jatmiko; - Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta - Pusat Studi Kedokteran Keluarga, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Rochmadina Suci Bestari; - Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta - Pusat Studi Kedokteran Keluarga, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Aulida Azkia Kamila; Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Ilham Hafizha Maulana Anam; Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Zakia Novi Anggitaratri; Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s) educative; promotive
 
3. Subject Keyword(s) sindrom metabolik; diabetes melitus; faktor risiko; edukasi; pengetahuan
 
4. Description Abstract

Pendahuluan: Remaja merupakan golongan usia yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat dipengaruhi oleh faktor internal seperti faktor hormonal maupun faktor eksternal seperti pola makan dan gaya hidup yang jika tidak dikelola dengan benar sejak dini maka berpotensi meningkatkan risiko terjadinya sindrom metabolik, salah satunya diabetes melitus. Tinggal di perkotaan lebih besar meningkatkan risiko terjadinya sindrom metabolik dengan kemudahan pemanfaatan teknologi, pemilihan jenis makanan, dan gaya hidup sedentair. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang sindrom metabolik dan faktor risikonya pada remaja Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Surakarta sejak dini melalui edukasi.

Metode: Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa edukasi kesehatan melalui presentasi materi tentang sindrom metabolik dan diabetes melitus, faktor risiko, dan strategi pencegahan sejak dini.  Pretest dan posttest diberikan untuk mengukur tingkat pengetahuan sebelum dan setelah edukasi pada siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta.

Hasil dan pembahasan: Analisis data menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan yang bermakna pada siswa sebelum dan setelah edukasi dengan nilai p<0,01.

Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta tentang sindrom metabolik, diabetes melitus, faktor risiko dan pencegahannya setelah diberikan edukasi.

 
5. Publisher Organizing agency, location Faculty of Medicine, Universitas Sebelas Maret
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2025-04-28
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.uns.ac.id/sse/article/view/99814
 
10. Identifier Digital Object Identifier https://doi.org/10.20961/ssej.v5i1.99814
 
11. Source Title; vol., no. (year) Smart Society Empowerment Journal; Vol 5, No 1 (2025): Maret
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2025 Riandini Aisyah, Safari Wahyu Jatmiko, Rochmadina Suci Bestari
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.