Kecanduan Smartphone dan Stres Akademik di Masa Pandemi : Sebuah Studi Potong Lintang

Retno Sumiyarini, Amini Yuliyani

Abstract

ABSTRAK

Pendahuluan : Kecanduan smartphone merupakan perilaku terlalu lama menggunakannya tanpa melihat dampak negatif sehingga akan berpengaruh terhadap kesehatan. Kecanduan smarphone dipicu perubahan pembelajaran di masa pandemi yang mengharuskan mahasiswa banyak mengakses smartphone. Selain itu banyak mahasiswa yang merasakan stres karena ketidakmampuan adaptasi dengan situasi membuat mereka mencari pelampiasan, salah satunya adalah dengan bermain smartphone. Latar belakang tersebut mendorong penelitian ini yang bertujuan mengetahui hubungan kecanduan smartphone  dengan stres akademik di masa pandemi pada mahasiswa keperawatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Juni 2022. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa keperawatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Dengan responden sejumlah 96 orang. Instrumen yang digunakan yaitu smartphone addiction scale dan academic stress scale. Analisis data menggunakan univariat dan bivariat dengan uji Gamma.

Hasil dan pembahasan:  Mayoritas responden (69,8%) mahasiswa mengalami kecanduan smartphone pada level sedang dengan stress akademik yang terbanyak berada pada level sedang (70,8%). Selain itu, penelitian ini membuktikan bahwa stress akademik memiliki korelasi positif dengan kecanduan smartphone dengan nilai signifikasi P = 0,000

Kesimpulan: Stress akademik memiliki korelasi yang bermakna dengan kecanduan smartphone.

Kata Kunci: Kecanduan Smartphone, Stres Akademik.

Keywords

smartphone addiction, perceived academic stress, college student

Full Text:

PDF

References

Hargiana G, Sintiawati T. Hubungan Ketergantungan Gawai Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan. J Kesehat. 2020;9(1). 2. Cookson MD, Stirk PMR. Problematic Smartphone Usage and Subjective and Psychological Well-Bein. 2019. 3. Aflahudin MAN, Febriyana N. Correlation between Smartphone Addiction Risk with Anxiety Level of Elementary Schooler in Surabaya. 2022;11(1):25–31. 4. Rini MK, Huriah T. Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja : Literature Review. 2020;5(1):185–94. 5. Alhazmi AA, Alzahrani SH, Baig M, Salawati EM, Alkatheri A. Prevalence and factors associated with smartphone addiction among medical students at King Abdulaziz University, Jeddah. Pakistan J Med Sci. 2018;34(4):984–8. 6. Siahaan M. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. J Kaji Ilm. 2020;1(1):73–80. 7. Jannah R, Santoso H. Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. J Ris dan Pengabdi Masy. 2021;1(1):130–46. 8. Barseli M, Ifdil I, Nikmarijal N. Konsep Stres Akademik Siswa. 2017;5(2005):143–8. 9. Mohd R, Safri, Dewi YI. TERHADAP TINGKAT STRES MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU. J Ners Indones. 2019;9(2). 10. Mulyanti Tri NF. KECANDUAN SMARTPHONE DITINJAU DARI KONTROL DIRI DAN JENIS KELAMIN PADA SISWA SMA MARDISISWA SEMARANG. Empati. 2019;7(4). 11. Siyoto S. DASAR METODOLOGI PENELITIAN. 2015. 12. Ambarwati PD, Pinilih SS, Astuti RT. The Description Of Stres Levels Incollage Student. J Keperawatan. 2017;5(5):40–7. 13. Lubis H, Ramadhani A, Rasyid M. Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia J Psikol. 2021;10(1). 14. Yikealo D, Yemane B, Karvinen I. The Level of Academic and Environmental Stress among College Students: A Case in the College of Education. Open J Soc Sci. 2018;06(11):40–57. 15. Weiser EB. Stress , Lifestyle , and Health. 2016;(January). 16. Mohsin S, Sahid H, Samina M, Chandrashekar S. Perceived stress, sources and severity of stress among medical undergraduates in a Pakistani medical school. BMC Med Educ. 2010;10:2. 17. Parveen. Original Research Article Insights from Clinics : Stress among. 2020;6. 18. Burhan R, Moradzadeh J. Neurotransmitter Dopamine (DA) and its Role in the Development of Social Media Addiction. J Neurol Neurophysiol. 2020;11(7):507. 19. Aulyah I, Isrofin B. Hubungan Harga Diri dan Fear of Missing Out dengan Smartphone Addiction Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Indones J Couns Dev. 2021;2(2):132–42. 20. Grup B. Smartphone Addiction Level among a Group of University Students. Bağımlılık Derg. 2018;19(1):1–9. 21. Baabdullah A, Bokhary D, Kabli Y, Saggaf O, Daiwali M, Hamdi A. The association between smartphone addiction and thumb/wrist pain: A cross-sectional study. Medicine (Baltimore). 2020;99(10):e19124. 22. Geetha N R, Abraham Sam H R. Smartphone Addiction and Academic Stress of Post Adolescents. Res Reflections Educ. 2020;18(2):1–8. 23. Wang W, Mehmood A, Li P, Yang Z, Niu J, Chu H, et al. Perceived Stress and Smartphone Addiction in Medical College Students: The Mediating Role of Negative Emotions and the Moderating Role of Psychological Capital. Front Psychol. 2021;12(July). 24. Azriel F, Siregar A, Daulay N. The Effect of Academic Stress on Smartphone Addiction on Students in Medan. 2022;439–54.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.