Pemanfaatan Video Edukasi Dalam Perbaikan Pengetahuan Gizi Pada Remaja

Fajar Ari Nugroho, Inggita Kusumastuty, Zunita Puri Prihandini, Anggun Rindang Cempaka, Ayuningtyas Dian Ariestiningsih, Dian Handayani

Abstract

Pendahuluan: Kurangnya pengetahuan menyebabkan perilaku makan yang tidak sehat pada remaja. Pemberian edukasi melalui media video terbukti dapat meningkatkan pengetahuan secara signifikan. Penenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan gizi sebelum dan setelah diberikan edukasi melalui video.

Metode: Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental pada 155 siswa SMP sederajat di Kota Malang. Kegiatan dilaksanakan melalui zoom meeting dengan pemberian edukasi gizi melalui media video dengan durasi 13 menit 5 detik. Pengukuran tingkat pengetahuan melalui 10 pertanyaan pilihan ganda yang disusun dalam google form. Pengukuran dilakukan sebelum dan setelah video edukasi diberikan. Untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan setelah pengetahuan dilakukan analisis menggunakan uji statitik Wilcoxon Signed Ranks Test.

Hasil dan pembahasan:Penelitian ini dilakukan pada 155 siswa SMP sederajat dikota malang dimana mayoritas berjenis kelamin perempuan dan berada di kelas 8 (delapan). Rata-rata tingkat pengetahuan sebelum edukasi adalah 39.35±13.6. Setelah edukasi diberikan melalui media video terjadi peningkatan pengetahuan dengan rata-rata sebesar 65.68±21.8. hasil Uji statistik menunjukkan p 0.000 yang artinya terdapat perbedaan tingkat pengetahuan gizi pada remaja secara signifikan setelah diberikan edukasi melalui video.

Kesimpulan:Video edukasi gizi efektif dalam meningkatkan pengetahuan gizi pada remaja di Kota Malang.

Keywords

video, edukasi, pengetahuan, gizi, remaja

Full Text:

PDF

References

Adriani, Wirjatmadi B. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. Prenadamedia Group; 2016. 2. Sulistyoningsinh H. Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak: Palgrave Macmillan; 2012. 3. Jannah M. Remaja dan Tugas-tugas Perkembangan dalam Islam. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi. 2017;1. 4. Pujiati A, Rahmalia S. Hubungan antara Perilaku Makan dengan Status Gizi pada Remaja Putri. JOM. 2015;2:1345-52. 5. Sari N, Ighwana B. Penggunaan mHealth Mampu Memperbaiki Perilaku Kesehatan Pasien Penyakit Tidak Menular. BIkfokes. 2020;1:57-65. 6. Tamrin A, Lestari RS, Gizi J, Makassar K, Gizi AJ, Kesehatan P, et al. Pengetahuan dan Sikap Siswa SMP Negeri Barru. 2019;26(2012):185-9. 7. Aeni N, Yuhandini DS. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Video dan Metode Demonstrasi terhadap Pengetahuan SADARI. Jurnal Care. 2018;6. 8. Pakhri A, Chaerunimah RR. Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan dan Kebiasaan Jajan pada Siswa SMP 35 Makassar. Media Gizi dan Pangan. 2018;25(1). 9. Nurcahyani AD. Intervensi Penyuluhan Gizi Seimbang dengan Media Video terhadap Perubahan Asupan Zat Gizi Remaja Putri. Yapenas. 2020;2(3):159-65. 10. Mertha IM. Pengetahuan dan Kepatuhan Kontrol Pasien Diabetes Mellitus. Skala Husada. 2015;13:165-76. 11. Azizaturrahmah N. Perbedaan Pengetahuan antara Sebelum dan Sesudah Intervensi Penyuluhan Menggunakan Media Leaflet Tentang Penyebab Dermatitis dan Pencegahannya pada Pekerja Proses Finishing Mebel Kayu di Ciputat Timur. Journal of Petrology. 2013;369(1):1689-99. 12. Septiani S, Ervina A. Hubungan Jenis Kelamin dan Sumber Informasi dengan Pengetahuan Remaja Mengenai Penyakit Menular Seksual (PMS) Susan. Obstretika. 2014;3(1):1-15. 13. Harini R, Rahmawati NA. Video Learning Multimedia Berpengaruh terhadap Pengetahuan Remaja tentang Menache. Physiotherapy and Health Science. 2021;2. 14. Damayanti A, Tyastuti S, Retnaningsih YS. Pengaruh Media Video terhadap Peningkatan Pengetahuan HIV/AID pada Remaja di SMKN 1 Temon. Repository Poltekes Jogja. 15. Putri HP, Andara F, Sufyan DL. Pengaruh Edukasi Berbasis Video terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri di Jakarta Timur. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. 2021;4.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.