Pengaruh Sistem Pendidikan terhadap Perilaku Pencegahan Penyakit HIV/AIDS pada Siswa SMP di Surakarta

Ramadhaningtyas Maghfirotul Fajriani, Hardjono Hardjono, Sumardiyono Sumardiyono

Abstract

ABSTRAK

Pendahuluan: HIV/AIDS menjadi salah satu masalah utama kesehatan dan sosial karena penyebaran penyakit HIV/AIDS dipengaruhi oleh perilaku individu. Pembentukan perilaku individu dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, salah satunya adalah lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya ditemukan adanya sikap positif terhadap HIV/AIDS lebih banyak pada kelompok responden di pesantren, namun terbatas hanya pada sikap. Karena itulah, peneliti ingi mencari tahu pengaruh sistem pendidikan terhadap perilaku pencegahan penyakit HIV/AIDS pada siswa SMP yang ada di Surakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analiktik observasional menggunakan metode potong lintang (cross sectional) dengan jumlah subjek sebanyak 100 siswa. Rincian subjek yaitu 50 siswa bersekolah dengan sistem pendidikan umum (non-boarding school) dan 50 siswa bersekolah dengan sistem pendidikan boarding school. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner. Hubungan antar variabel dianalisis menggunakan Chi-square dan diolah menggunakan penghitungan statistik

Hasil dan pembahasan: Karakteristik subjek penelitian yang diteliti adalah jenis kelamin, umur, dan pendidikan orang tua. Jumlah laki-laki lebih sedikit (48%) dibanding jumlah perempuan (52%). Umur ditemukan kelompok 14 tahun (68%), 13 tahun (22%), 15 tahun (10%). Pendidikan orang tua ditemukan jumlah tamat perguruan tinggi lebih banyak (52%) dibandingkan tamat SMA (48%).  Hasil penghitungan statistik menggunakan Chi-square menunjukkan sistem pendidikan bermakna secara statistik terhadap perilaku pencegahan penyakit HIV/AIDS pada siswa SMP di Surakarta dengan p=0,009. Hal ini bisa terjadi karena pembelajaran agama yang lebih efisien, pembatasan penggunaan telepon seluler dan akses internet, serta meminimalisir hubungan antara lawan jenis.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan antara sistem pendidikan terhadap perilaku pencegahan penyakit HIV/AIDS pada siswa SMP di Surakarta.

Keywords

sistem pendidikan; perilaku; HIV/AIDS; siswa SMP

Full Text:

PDF

References

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Buku Petunjuk Penggunaan Media KIE: ABAT (Aku Bangga Aku Tahu) Versi Pelajar. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2012

WHO. HIV/AIDS [Internet]. WHO. 2017 [sitas 7 April 2018]. Diunggah dari: http://www.who.int/features/qa/71/en/

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Laporan Perkembangan HIV-AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS) Triwulan IV Tahun 2017 [Internet]. AIDS Indonesia. 2017 [sitasi 7 April 2018]. Diunggah dari: http://www.aidsindonesia.or.id/ck_uploads/files/Laporan%20HIV%20AIDS%20TW%201%202017.pdf

Wendari WN, Badrujaman A, Sismiati AS. Profil Permasalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bogor. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling. 2016; 5(1):134-139

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012

Mahat G, Scoloveno MA. HIV Peer Education: Relationship between Adolescents HIV/AIDS Knowledge and Self Efficacy. HIV/AIDS and Social Services. 2010; 9(4):371-388

Astuti M, Harni E. Perbedaan Sikap Terkait Pencegahan HIV/AIDS pada Siswa SMP di Pesantren dengan Sekolah Negeri di Kota Bogor. Jurnal Kebidanan. 2017; 3(3):165-170

Sudikno, Simanungkalit B, Siswanto. Pengetahuan HIV dan Aids pada Remaja di Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi. 2011; 1(3):145-154.

Hardiningsih. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan dan Sikap dalam Rangka Pencegahan Human Immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS) pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Surakarta [Skripsi]. Surakarta: Universitas Sebelas Maret; 2011.

Conner M, Norman P. Health Behaviour: Current Issues and Challenges. Psychology and Health. 2017; 23(8):895-906.

Gilbert SS. The Influence of Islam on AIDS Prevention among Senegalese University Students. AIDS Education and Prevention. 2008; 20(5):399-407.

Jacob EA, Gordon M, Matthew JM, Jeremy H, Jeffrey HH. Mobile Phone and Internet Use Mostly for Sex-Seeking and Associations with Sexually Transmitted Infections and Sample Characteristics among Black/African American and Hispanic/Latino Men who Have Sex with Men in Three U.S. Cities. HHS Public Access Sex Transmitted Disease. 2017; 44(5):284-289

Tahamit NH. Cultural and Religious Barriers to Setting up Sex and Relationship Education in A Muslim Country: A Case Study of Brunei Darussalam [Thesis]. Brunei Darussalam: University of Leeds; 2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.