Partisipasi Masyarakat Peduli Api Desa Kesuma dalam Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan

Arif Hermanto, Febri Yuliani

Abstract

Desa Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu desa yang termasuk desa rawan bencana hutan dan lahan untuk itu harus melaksanakan proses pencegahan dan penanggulangan oleh pihak yang terkait atau organisasi masyarakat setempat maka dibentuklah Masyarakat Peduli Api Desa Kesuma namun dalam pelaksanaannya MPA Desa Kesuma masih mengalami hambatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat peduli api dalam hutan dan lahan dan mengetahui faktor yang menjadi tantangan dari partisipasi masyarakat peduli api dalam hutan dan lahan. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, 

Keywords

Partisipasi Masyarakat; MPA; Kebakaran hutan dan lahan

References

Adiyoso, W. (2018). Manajemen Bencana pengantar & isu-isu strategis. Jakarta: Bumi Aksara.

Anwar, K., & Sayendri, D. (2016). Partisipasi Masyarakat Peduli Api dalam Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Studi Kasus di Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan Tahun 2010-2013) (Doctoral dissertation, Riau University).

Creswell, Jhon W. 2016. Researvh Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Destari, N. S., & Marta, A. (2016). Manajemen Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dalam Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan Tahun 2013-2015. Universitas Riau.

Isbandi, W. (2007). Partisipasi Masyarakat. Jakarta: Balai Pustaka.

Keputusan Kepala Desa Kesuma Nomor : 015.1 KPTS/2018 Tentang Pengangkatan Kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) Tahun Anggaran 2018

Koniah. (2019). Kinerja PT RAPP dalam Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Melalui Fire Free Village Program (FFVP) di Kecamatan Merbau Kepalauan Meranti. Universitas Riau.

Nisrina, A. (2018). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DAM MARGOTIRTO DI DESA GISTING BAWAH KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMUS.

Novita, D.S., (2020). Penguatan Kelembagaan Masyarakat Peduli Api Dalam Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Di Kampung Dayun Kabupaten Siak, Universitas Riau

Panudju, Bambang. 1999. Pengadaan Perumahan Kota Dengan Partisipasi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Penerbit Alumni. Bandung.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nomor 32 Tahun 2016 Tentang Kebakaran Hutan Dan Lahan

Peraturan Gubernur Riau Nomor 65 Tahun 2015 tentang Prosedur Tetap Pengendalian Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan

Peraturan Kepala BNPB No 11 Tahun 2014 tentang Peran Serta Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

Peraturan Direktorat Jendral Perlindungan dan Konservasi Alam Nomor : P.2/IV-SET/2014 Tentang Pembentukan dan Pembinaan Masyarakat Peduli Api

Puspitasari, A. (2016). Partisipasi Masyarakat Kebun Kopi Rakyat Dalam Pengembangan Agrowisata di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.

Purnomo, E. P. (2017). Penguatan Kelembagaan dalam Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Rasyid, F. (2014). Permasalahan dan dampak kebakaran hutan. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 47-59.

Rekapitulasi Kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Pelalawan Tahun 2017-2019

Rekapitulasi Luas Kebakaran Hutan dan Lahan (Ha) Kabupaten Pelalawan Tahun 2017-2019

Rencana Strategis Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pelalawan Tahun 2016-2021

Sari, I. K. (2018). Penguatan Kelembagaan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Lokal Di Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Universitas Riau.

Saqinah, N. W. (2019). Strategi Komunikasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Dalam Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau. Universitas Riau.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukartik, D., & Nurdin, N. (2017). PERILAKU KOMUNIKASI MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN PADA DESA BEBAS API (FIRE FREE VILLAGE) DI KABUPATEN PELALAWAN PROVINSI RIAU. Jurnal Dakwah Risalah, 28(2), 115-124

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sampah & Lahan Gambut Tanpa Bakar. Pekanbaru: Alaf Riau.

Surat Gubernur Riau Nomor 660.1/Badan Lingkungan Hidup-ker/20.12 tentang Pembentukan Kelompok Relawan Anti Api

Undang-undang No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

Yuliani, F. (2021). Faktor Penentu Jejaring Antar Organisasi (Inter-Organizational Network) dalam Pengendalian Karhutla di Kabupaten Rokan Hilir. Seminar Nasional Socioprenuer, Kominkasi Digital dan Pelayanan Publik Untuk Indonesia Maju (pp. 1-12). Medan: Junal Prosiding Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Dharmawangsa.

Yuliani, F. (2014). Partisipasi Masyarakat dalam Implementasi Kebijakan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Rokan Hilir.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.