EFEKTIVITAS STRATEGI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA PARIAMAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI PANTAI GANDORIAH

Mesa Widya Maharani, Aldri Frinaldi, Adil Mubarak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman terhadap kepuasan pengunjung di Pantai Gandoriah. Latar belakang penelitian ini adalah karena ditemukannya permasalahan-permasalahan pada efektivitas strategi yang kurang baik terhadap kepuasan pengunjung di Pantai Gandoriah. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah efektif strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman terhadap kepuasan pengunjung di Pantai Gandoriah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengunjung yang berwisata ke Pantai Gandoriah. Pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 255 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan pengukuran skala likert  serta didukung studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif menggunakan bantuan software SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman terhadap kepuasan pengunjung di Pantai Gandoriah dengan nilai efektivitas 71.67 yang berada pada rentang nilai 60-79,99 dan dinyatakan cukup efektif. Sementara kepuasan pengujung di Pantai Gandoriah pada efektivitas strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman berada dalam kategori sedang karena berada pada rentang 41%-60% yaitu sebanyak 143 responden 56,1 % dari 255 responden menyatakan bahwa kepuasan pengunjung dalam kategori cukup/sedang.

Keywords

efektivitas strategi, kepuasan pengunjung, pariwisata

Full Text:

PDF

References

Harbani Pasolong. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta

Kurniawan, Agung. (2005). Transformasi Pelayanan Publik . Jakarta : Grafindo Persada

Solihin, Ismail. (2012). Manajemen Strategik. Bandung : Erlangga

Sutrisno, Edy. (2010). Budaya Organisasi. Jakarta : Kencana

Tika, Pabundu. (2010). Budaya Organisasi dan Peningkatang Kinerja Perusahaan. Jakarta : Bumi Aksara.

Uhar Suharsaputra. 2012. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan). Bandung: Refika Aditama

Umar, Husein. (2003). Strategic Management in Action. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Warsito, Utomo. (2006). Administrasi Publik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Renstra (Rencana Strategi) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Pariaman tahun 2013-2018

Aldri Frinaldi dan Muhamad Ali Embi. 2012. The Impact of Etnict Work Culture on Civil Servant Work Culture (a Case Study of Work Culture Punctuality and Tranparency of Public Service in Pasaman Barat). Aldri Frinaldi dan Muhamad Ali Embi. Proceedings Public Service & Utilities. ASPA Indonesia International Seminar and IAPA annual Conference 2012. ISBN 978-602-203-452-0. Universitas Brawijaya Press

Aldri Frinaldi dan Afriva Khaidir. 2017. Membangun Model Kebijakan Budaya Kerja Sadar Wisata di Kalangan Aparatur dan Masyarakat Pariwisata dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Masyarakat Berkunjung ke Lokasi Wisata di Sumatera Barat. Laporan Hasil Penelitian Tahun pertama.Skim Penelitian Tim Pascasarjana. LP2M Universitas Negeri Padang. Padang.

Dasman Lanin dan Adil Mubarak. 2010. “Kepuasan Diskonfirmasi Warga pada Sektor Publik: Kasus Pelayanan Kebutuhan Dasar Pemerintahan Kota Padang Panjang”. Jurnal Demokrasi. Vol 9, No 2

Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari S, Ratna Kartika Wiyati. 2015. Pengukuran Tingkat Efektivitas dan Efesiensi Sistem Eresearch STIKOM Bali.Dalam ejournal Konferensi Nasional Sistem & Informatika. Denpasar: STIKOM Bali

Pradikta, Eggyawang Setia (2014) Efektivitas Program E- Performance Sebagai Upaya Untuk Mewujudkan Peningkatan Kinerja Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Surabaya, Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, vol.2 no.1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.