EFEKTIVITAS PENERAPAN PROGRAM E-KELURAHAN DI KELURAHAN SILAING BAWAH KOTA PADANG PANJANG

Fristiza Dwi Tami, Nora Eka Putri

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini beranjak dari adanya permasalahan dalam penerapan program e-kelurahan, dimana dalam penerapannya masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkan program e-kelurahan untuk mengurus keperluan administrasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penerapan program e-kelurahan di Kelurahan Silaing Bawah Kota Padang Panjang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, apa saja kendala yang dihadapi dalam penerapan program e-kelurahan di Kelurahan Silaing Bawah Kota Padang Panjang, serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, efektivitas penerapan progam e-kelurahan di Kelurahan Silaing Bawah Kota Padang Panjang berdasarkan indikator pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata sudah berjalan dengan baik, namun belum sepenuhnya efektif. Hal ini dilihat dari kurangnya sosialisasi yang dilakukan kepada pegawai kantor kelurahan maupun kepada masyarakat itu sendiri serta kurangnya pemanfaatan program e-kelurahan oleh masyarakat. Adapun kendala yang dihadapi yaitu kurangnya pengaplikasian program oleh pegawai kantor serta kurangnya kepuasan masyarakat terhadap program. Dan untuk mengatasi kendala tersebut, Pemerintah akan melakukan sosialisasi lebih lanjut lagi kepada pegawai kantor maupun masyarakat Kelurahan Silaing Bawah Kota Padang Panjang.

Keywords

E-Government, E-Kelurahan, Efektivitas Program

Full Text:

PDF

References

Deddy Mulyadi, D. (2016). Administrasi Pubik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Haksama, S. P. L. dan S. (2016). Penerapan Theory Of Constraint Pada Kepuasan Kerja Karyawan Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya, 4(2).

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oktavya, A. A. (2015). Penerapan (Electronic Government) E-Government Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemberian Pelayanan Di Kota Bontang. eJurnal Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1433–1447.

Ramadhan, T. (2018). Efektivitas Program BPNT Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Tampan Pekanbaru. JOM FISIP, 5(2), 1–14.

Risnandar. (2014). Analisis e-government dalam peningkatan pelayanan publik pada dinas komunikasi dan informatika provinsi sulawesi tengah. E-Jurnal Katalogis, 2(7), 192–199.

Yusuf, M. N. (2017). Studi Tentang Inovasi Manajemen Dan Administrasi Di Tingkat Kelurahan (Studi Penggunaan e-Bukuan dan e-Kelurahan di Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaan. E-Journal Pemerintahan Integratif, 5(4), 529–538.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.