ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 6 DEPOK

Safitri Rangkuti, Irfan Ridwan Maksum

Abstract

Sekolah yang ramah anak dan berbasis hak anak merupakan upaya memenuhi hak-hak anak dan memberi pendidikan yang berkualitas bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi kebijakan Sekolah Ramah Anak yang ditetapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 6 Depok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menunjukan implementasi kebijakan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 6 Depok sudah berjalan baik, dinilai dalam konteks proses, hasil (output), dampak (outcome) dan hubungan sebab akibat (causal connection). Faktor-faktor yang mendukung implementasi kebijakan Sekolah Ramah Anak di SMPN 6 Depok adalah komunikasi yang baik dan lancar, sikap dan komitmen seluruh warga sekolah, koordinasi antara Pemda Depok dengan sekolah serta adanya dukungan positif seluruh warga sekolah, orang tua, masyarakat sekitar. Namun masih terdapat hambatan yaitu terbatasnya anggaran sekolah dan jumlah guru serta padatnya aktivitas guru menyebabkan pelaksanaan kebijakan belum optimal.

Keywords

anak, implementasi kebijakan, sekolah ramah

Full Text:

PDF

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 2017. Ikhtisar Data Pendidikan Tahun 2016/2017. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Nugroho, Riant. 2014. Public Policy (Teori, Manajemen, Dinamika, Analisis, Konvergensi dan Kimia Kebijakan). Edisi Kelima Revisi, PT. Elex Media Komputindo.

Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 15 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak

Peraturan Walikota Depok Nomor 10 Tahun 2017 tentang Pengembangan Kota Layak Anak.

Subarsono, AG. 2005. Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori dan Aplikasi). Cetakan VII September 2015, Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

UNICEF. 2012. Child Friendly School. diunggah tanggal 5 Mei 2019 dari https://www.unicef.org/lifeskills/index_7260.html .

VOAIndonesia.com, KPAI : Kasus Kekerasan Anak dalam Pendidikan Meningkat Tahun 2018, diperoleh tanggal 3 Februari 2019 dari https://www.voaindonesia.com/a/kpai-kasus-kekerasan-anak-dalam-pendidikan-meningkat-tahun-2018/4718166.html

Refbacks

  • There are currently no refbacks.