PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PDAM DALAM MEWUJUDKAN SMART LIVING

Kristina Setyowati, Priyanto Susiloadi, Retno Suryawati

Abstract

Smart City dalam  kehidupan masyarakat diharapkan dapat meningkatakan pelayanan publik. Salah satu kriteria dalam Smart City adalah Smart Living yang  berarti suatu ide atau gagasan mengenai bagaimana menciptakan kondisi interior / lingkungan menjadi lebih efisien, lebih aman, lebih sehat dan estetis. Untuk mewujudkan  Smart Living, maka dilakukan dengan cara peningkatan kualitas pelayanan PDAM. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan  PDAM, sehingga tersedianya pelayanan air bersih yang sehat. Metode yang diginakan dengan metode diskriptif kuantitatif, dengan menggunakan skala Likert. Untuk mengukur  kualitas pelayanan dilakukan dengan melihat gap antara persepsi pelanggan atas kepentingan (harapan) dengan kinerja pelayanan yang diterima , yang dilihat dari dimensi menurut Parasuraman yang meliputi dimensi : RATER : Reliability, Assurance , Tangible, dan Empati dan Responsiveness. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kulaitas pelayanan PDAM belum bisa mewujudkan Smart Living, karena masih ada 7 kriteria di kuadran A, yaitu : a) jaminan ketersediaan air bersih dan jernih, b) jaminan higenis air, c) jaminan debit air yang banyak,  d) kontunitas air lancar,  e) jaminan adanya kontrol terhadap saluran air secara berkala , f)  kriteria ketepatan dalam  mencatat meteran,  g) kriteria kepekaan pegawai dalam merespon segala kebutuhan dan keluhan pelanggan yang merupakan kriteria yang sangat mendukung Smart Living. Rekomendasi yang diberikan hendaknya  sangat memprioritaskan  semua kriteria yang berada di kuadran A  untuk lebih ditingkatkan kinerjanya.

Keywords

PDAM, kualitas pelayanan, smart living

Full Text:

PDF

References

Aykac, Aydyn, Ates, Cetin, 2009, “Effects of Service Quality on Costomer Satisfaction and Customer Loyalty: Marmara University Hospital”, International Congress on Performance and Quality in Health (Uluslararasi Saglikta Performans ve Kalite Kongresi), March 19-21, 2009, Antalya, Turkey (http://ssrn.com.abstract/ 1362601

Felix, Robogura (2017) Service Quality and Customer Satisfaction in Selected Banks in Rwanda. Journal of Business and Financial Affair 6: 246. doi: 10.4172/2167-0234.1000246

Hassan, Shehab, and J.Peppard, 2010, Toward Full Public E-Service Environment Developing Countries, International Journal of Economics and Management Enginering , Vol.4 No.6

Hayati , Karina, irami Bararatin1 , Adinda S.P.R Utami1 , Dewi Septanti1, Happy Ratna Santosa , Gabriele Weichart , Mag. Karl Valent (2013) , From Smart Living into Smart City: A Lesson from Kampung of Surabaya, UIA 2017 Seoul World Architects Congress

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/441109-menilik-empat-konsep-hunian-smart-living)

http://perpamsi.or.id/berita/view/2016/12/15/303/pdam-karanganyar-temukan-kebocoran-di-atas-40-persen)

Lehtinen, U. and Lehtinen, J. R. (1982). Service quality: a study of quality dimensions. Helsinki: Service Management Institute, Unpublished working paper, Finland OY.

Parasuraman, Zeithaml and Berry, 1997, “A Conceptual Model of Services Quality and Its Implications for Future Reseach, Journal of Marketing , Vol.49. Autumn( 1997:219).

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A. and Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: a multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing. 64 (1): 12-40

Poernomo, Djoko. 2015, “ Manajemen Strategis Smart City”, Seminar Nasional Riset Terapan 2015 | Senasset 2015, Https://Www.Researchgate.Net/Publication/287743913

Nasution, M.N., 2004, Manajemen Mutu Terpadu, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sinambela, Lijan, Poltak, 2008, Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementasi, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta.

Suprapto, Riyadi, 1998, ”Clean Goverment.Kinerja Birokrasi dan Pelayanan Publik : Telaah Kritus”, Orasi Ilmiah Dalam Wisuda Sarjana Sarjana STIA Muhamadiyah Selong-Lombok Timur, 6Mei 1998.

Yarimoglu, Emel Kursuluoglu, 2014, ”A Review On Dimensions of Service Quality Model” , Journal of Marketing Managemen Vol.2 No.2 Pp 79-93 , June 2014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.