Pengaruh Budaya Kerja Pengemudi Angkutan Umum Kota Terhadap Kepuasan Penumpang di Kota Padang

Digna Kasandra, Aldri Frinaldi, Dasman Lanin

Abstract

Keluhan yang lazim diungkapkan oleh masyarakat pengguna layanan angkutan kota berkaitan dengan budaya kerja pengemudi angkutan kota antara lain pengemudi angkutan kota yang mengambil dan menurunkan penumpang di luar pangkalan dan suka ngetem, memutar musik dengan volume tinggi, ugal-ugalan dan  mengemudikan angkutan kota dengan kecepatan tinggi dan kebut-kebutan di jalan raya dan rem mendadak jika melihat ada calon penumpang di pinggir jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya kerja pengemudi angkutan kota terhadap kepuasan penumpang di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 400 penumpang angkutan kota di Kota Padang. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dengan pengukuran skala likert dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik analisis uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti adanya pengaruh yang signifikan budaya kerja pengemudi angkutan kota terhadap kepuasan penumpang di Kota Padang sebesar 19,1%. Berdasarkan hasil ini perlu upaya pemerintah kota Padang merumuskan suatu bimbingan teknis kepada para pengemudi angkutan kota tentang nilai-nilai budaya kerja yang dapat meningkatkan kepuasan penumpang.

Keywords: Budaya Kerja; Kepuasan Penumpang ; Angkutan Kota

Full Text:

PDF

References

Abbas Salim. 2012. Manajemen Transportasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Ardiansyah. 2015. Manajemen Transportasi dalam Kajian dan Teori. Jakarta Pusat: Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Aldri Frinaldi. (2017a). “The Influence of Work Culture on Work Performance of employees in Department of Transportation, Communcation and Informatics of West Sumatera” dalam Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja Vol.7 No.2. (pp:83-92).

Aldri Frinaldi. (2017b). “The Influence of Driver Work Culture and Service Quality on Citizen Satisfaction with Mass Transportation at South Pesisir Region West Sumatera, Indonesia” dalam Proceeding Advances in social science, Education and Humanities Research Vol.84. (pp:450-453).

Aldri Frinaldi, Muhamad Ali Embi, Yulvia Chrisdiana. (2017c). “The Effect of Work Culture and Service Quality on Train Service User's Satisfaction in West Sumatera” dalam Journal of Government and Politics Vol.10 No.2. (pp:415-435)

Aldri Frinaldi, Muhamad Ali Embi. (2015). “Influence of Public Service Quality in Citizen Satisfaction (Study in Private Hospital Y in Padang, West Sumatra Province)” dalam Journal of Government and Politics Vol.6 No.1. (pp:102-114).

Aldri Frinaldi, Muhamad Ali Embi. (2014). “Budaya Kerja Ewuh Pakewuh di Kalangan Pegawai Negeri Sipil Etnik Jawa (Studi Pada Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat)” dalam Jurnal Humanus Vol.13 No.1. (pp:68-75).

Aldri Frinaldi. (2012). “Budaya Kerja Galie: (Studi Kasus Budaya Kerja Kalangan Pegawai Negeri Sipil Etnik Minangkabau di Kabupaten Pasaman Barat)” dalam Jurnal Humanus Vol.11 No.2. (pp:103-111).

Aldri Frinaldi, Muhamad Ali Embi. (2011). “Pengaruh Budaya Kerja Etnik Terhadap Budaya Kerja Keadilan dan Keterbukaan PNS dalam Membangun Masyarakat Madani dan Demokrasi (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat)” dalam Jurnal Humanus Vol.10 No.1. (pp:52-61).

Asyrori. 2014. “Hubungan Budaya Kerja dengan Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. ejournal administrasi Negara” dalam Vol.5 No.3. (pp:1720-1733).

Dasman Lanin. (2014). “Citizen Satisfaction with Local Governance Service: The Influence of Manager Role on Public Service Inprovement in Local Government” dalam Jurnal Tingkap Vol.10 No.2. (pp:114-129).

Dasman Lanin, Nailuredha Hermanto. (2017). “The Reinforcement of Foreigner Satisfaction Concept in Immigration service in Indonesia” dalam Journal of Government and Politics Vol.8 No.2, (pp:201-227).

Gunadi, dkk. (2015). “Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening antara Kompetensi Pegawai dan Budaya Kerja terhadap Kepuasan Mitra di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Badan Pengusahaan Kawasan Perdaganagan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam” dalam Jurnal Akuntasi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol.3 No.1. (pp:56-65).

Harbani Pasolong. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta

J. Supranto. 2011. Pengukuran Tingkat kepuasan pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta.

Moeheriono. 2014. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyono Sadyohutomo. 2008. Manajemen Kota dan Wilayah Realita dan Tantangan. Jakarta : Bumi Aksara

Peraturan Pemerintah Republik Indoensia Nomor 74 Tahun 2014 Tentang Angkutan Jalan

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KM. 35 Tahun 2003 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang di Jalan dengan Kendaraan Umum

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat

Padang Ekspres. “Tertibkan Angkot Ugal-Ugalan”. 02 Januari 2017 pada pukul 7:42 WIB http://www.koran.padek.co/read/detail/21367

Padang Ekspres. “Angkot Masih Ngetem diluar Pangkalan”, 02 Februari 2017 pada pukul 07:40 WIB. http://www.news.padek.co.detail/a/23433

Taliziduhu Ndraha. 2005. Teori Budaya Organisasi. Jakarta : PT Rineka Cipta

Zulfiar Sani. 2010. Transportasi : Suatu Pengantar. Universitas Indonesia (UI-Press) : Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.