Implementasi Strategi KPP Pratama Surakarta dalam Meningkatkan Pengguna E-filing di Kota Surakarta

Rino A. Nugroho, Christoper Danesh Abraham

Abstract

Penelitian ini berkaitan tentang implementasi strategi yang dilakukan oleh KPP Pratama Surakarta yang bertujuan untuk meningkatkan pengguna e-filling di Kota Surakarta. Direktorat Jendral Pajak telah menetapkan rencana strategis yaitu migrasi wajib pajak untuk beralih menggunakan e-filling. Dalam pelaksanaan atau implementasinya di tingkat kota Surakarta, KPP Pratama Surakarta diwajibkan untuk mensukseskan migrasi tersebut. Jika dilihat dari tujuannya, penelitian ini bersifat deskriptif.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi.Sedangkan untuk penentuan informan, peneliti menggunakan purposive sampling, dan validitas data dilakukan menggunakan triangulasi data.Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan model analisis interaktif dari HB Sutopo.penelitian ini menunjukkan bahwa, implementasi strategi KPP Pratama Surakarta untuk meningkatkan pengguna e-filling di Kota Surakarta, diutamakan pada kegiatan sosialisasi demi mensukseskan migrasi wajib pajak dan mencapai target sebesar 65%. Adapun kegiatan sosialisasi yang dilakukan dibedakan menjadi dua jenis, secara langsung maupun tidak langsung. Anggaran yang  digunakan oleh KPP Pratama Surakarta telah ditetapkan oleh Direktorat Jendral Pajak. Anggaran tersebut dapat diubah dengan caraswitch change sesuai kebutuhan. Dalam pelaksanaan prosedurnya, KPP Pratama Surakarta lebih mengutamakan turun langsung kedaerah kantong-kantong wajib pajak sesuai perintah kepala KPP Pratama Surakarta.Sedangkan aspek sosial, KPP Pratama Surakarta telah menyediakan sekitar 20 komputer yang terhubung intrnet dan menyediakan pembimbing untuk melayani wajib pajak untuk melakukan pengisian form e-filling secara online.

Kata Kunci: E-filling, Migrasi wajib pajak, Implementasi Strategi

Full Text:

PDF

References

Al-Shafi, Shafi Homoud. 2009. Factors Affecting E-Government Implementation and Adoption in The State Of Qatar. PhD Thesis. Brunel University of West London, UK.

Andrianto, Nico. 2007. Good E-Government: Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui E- Government. Malang: Bayumedia

Anindya, R. 2013. Startegi Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik , Universitas Airlangga.

Anna Che Azmi dan Ng Lee Bee. 2010.The Acceptance of the e-Filling System by Malaysian Taxpayers: A Simplified Model. Electronic Journal of e- Government Volume 8 Issue 1 2010, (pp13 - 22). Academic Conferences Ltd.

Ambali, A. 2009.E-Government Policy: Ground Issues in E-filing System. European Journal of Social Sciences – Volume 11, Number 2.University Technology Mara, Malaysia.

Dewi ,A. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Fasmi, L. 2012. Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Padang. Universitas Andalas.

Indrajit, Richardus Eko. 2002. Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Andi

Ivonne,R. 2012. Implementasi Elektronik Surat Pemberitahuan Pajak Pertambahan Nilai 1111 Versi 1.5 di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sidoarjo Utara.Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Universitas Negeri Surabaya.

James Abiola dan Moses Asiweh. 2012. Impact of Tax Administration on Government Revenue in a Developing Economy – A Case Study of Nigeria. International Journal of Business and Social Science Vol. 3 No. 8. Leicester Business School De Montfort University, UK.

Manurung, S. 2013. Kompleksitas Kepatuhan Pajak. www.pajak.go.id diakses pada 25 Maret 2016.

Nita Rysaka, Choirul Saleh dan Stefanus Pani Rengu. 2013.Penerapan Sistem Elektronik Dalam Pelayanan Perpajakan (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Universitas Brawijaya Malang.

Nurcholis, H. 2007. Teori dan Praktik Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Grasindo, Jakarta.

Rahardjo, Budi. 2001. Membangun E-Government. PPAU Mikroelektronika ITB

Rahman, A. 2010. Panduan Pelaksanaan Administrasi Perpajakan Untuk Karyawan, Pelaku Bisnis dan Perusahaan. Nuansa, Bandung.

Riviyastuti, A. 15 Maret 2016. SPT Tahunan Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Ditarget 75%.. www.koransolo.co diakses pada 26 Maret 2016.

Riviyastuti ,A. 18 Maret 2016. 27.000 WP OP di Solo Ditarget Gunakan E-filling. www.solopos.com diakses pada 26 Maret 2016.

Ken, N. 09 Mei 2016.Pelaporan SPT Naik 13,1 Persen Tahun Ini. www.jawapos.com diakses pada 12 mei 2016.

Rokhman, Ali. 2008. Potret dan Hambatan E-Government Indonesia: Inovasi Online. Edisi Vol.11/XX, Juli 2008

Sisilia Abdurrohman, Tjahjanulin Domai dan Muhammad Shobaruddin. (2014). Implementasi Program E-filing Dalam Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bojonegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Universitas Brawijaya Malang.

Titis Bonang dan Arifin Sabeni. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pergantian KAP. Jurnal akuntansi, Vol.2 No.3,hal. 1-12 , Universitas Diponegoro

Refbacks

  • There are currently no refbacks.