Pelaksanaan Cannal Blocking Sebagai Upaya Restorasi Gambut di Kabupaten Meranti Provinsi Riau

Febri Yuliani

Abstract

Indonesia memiliki Lahan Gambut terluas (14,9 juta ha) ke 4 di dunia setelah Kanada, Rusia, dan Amerika Serikat dan merupakan Lahan gambut tropika terluas di dunia. Indonesia   menyimpan cadangan Karbon  Gambut mencapai 46 giga ton, atau sekitar 8-14% dari Karbon yang terdapat dalam gambut dunia. Manfaat ekosistem gambut antara lain adalah untuk: Kehutanan, Pengendali Banjir dan suplai air, Potensi wisata, Mata pencaharian Masyarakat lokal (perikanan, pertanian, perkebunan), Stabilisasi iklim, Keanekaragaman hayati, serta untuk Pendidikan dan penelitian. Kebakaran lahan dan hutan yang terjadi setiap tahun di Provinsi Riau hingga tahun 2016 mencapai mencapai  3.218 hektar dengan jumlah titik api terbanyak yaitu di Kabupaten Rokan Hilir dengan jumlah 32 titik. Titik api yang lain juga tersebar di Kabupaten Pelalawan, Meranti, Rokan Hulu, Bengkalis, Inhil, dan Inhu. Sementara itu kebakaran hutan dan lahan gambut diwilayah pesisir timur juga terus berlanjut. Hingga kini, tercatat sudah 310,25 hektar lahan gambut sudah terbakar di Kabupaten Meranti.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan cannal blocking sebagai upaya restorasi gambut di Kabupaten Meranti Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode eksploratif. Dalam pembangunan canal blocking sebagai upaya restorasi Gambut serta sebagai solusi pencegahan kebakaran lahan gambut di Kabupaten Meranti  telah terlaksana Hal ini dapat dilihat dari indikator pengelolaan yang digunakan dalam menganalisis pembangunan canal blocking di Kabupaten Meranti.  Terbukti dengan terjadinya penurunan titik api dibeberapa  desa  bahkan pada tahun 2016 tidak ditemukan titik api di Desa Sungaitohor. Selain itu dengan canal blocking lahan-lahan gambut ini kembali di tata agar dapat kembali pada fungsinya. Maka layaklah desa Sungaitohor menjadi desa percontohan dalam merestorasi gambut dan mencegah kebakaran lahan gambut.

References

Agung Sardjono, dan Mustofa, 2004 Mosaik Sosiologis Kehutanan : Masyarakat Lokal, Politik dan Kelestarian Sumber Daya, Yogyakarta : Debut Press.

Balibang Pemprov Riau. 2010. Seminar dan Lokakarya: Pengelolaan Terpadu Lingkungan Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan di Provinsi Riau

Colchester, M., dkk., 2006, Ghosts on our Own Land: Indonesian Oil Palm Smallholders and the Roundtable on Sustainable Palm Oil, Bogor, Sawit Watch dan Forest People Programme.

Creswell, John W. 1994. Research Design: Qualitative & Quantitative Approaches. California: Sage Publications.

Dunn, William N. 1998. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Edisi II. Penyunting Muhadjir Darwin. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dunsire, Andrew. 1978. Implementation in Bureaucracy. Oxford: Martin Robertson.

Dwitho Frasetiandy. 2009 “Menakar dampak sosial perkebunan sawit” dalam andy, on 03-09-2009 20:20 Views : 1460 Popular, Favoured : 31 Dwitho Frasetiandy.

Dye, Thomas R. 1972. Understanding Public Policy. New York: Prentice- Hall. Inc.

Edwards III, George C_ 1980. Implementing Public Policy. Washington: Congressional Quarterly Inc.

Faisal, Sanapiah, 2001, Format-Format Penelitian Sosial, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Firdaus, 2012, Perlindungan Hak Masyarakat Adat Studi Terhadap Tanah Ulayat Dalam Pengelolaan Perkebunan Kelapa Sawit di Indonesia, Prosiding Seminar Internasional, Pekanbaru

Kausar. 2010. Konflik Kepentingan Dibalik Konservasi Studi di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Jurnal IJAE No Volume 2, Nomor 1, Desember 2010. Jurusan Agribisnis Faperta UR. Pekanbaru

Manajer Kampanye WALHI Kalsel andy@walhikalsel.org http://www.walhikalsel.org/content/view/131/48/

Sumardjo. 2007. Metoda Partisipatif dalam Pengembangan Masyarakat. Magister Profesional Pengembangan Masyarakat, Sekolah Pascasarjana IPB. Bogor.

Van Meter, Donal S. & Carl E. Van Horn. 1975. The Policy Implementation Process: A Conceptual Framework. London: Sage Publications Inc.

Wahab, Solichin Abdul, 2002, Analisis Kebijaksanaan Dan Formulasi Ke lmplementasi Kebijaksanaan Negara, Bumi Aksara, Jakarta.

Wibawa, Samudera dkk, Kebijakan Publik, Proses dan Analisis, lntermedia, Jakarta, 1994

Winarno, Budi., 2002., "Teori dan Proses Kebijakan Publik"., Media Perssindo., Yogyakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.