Team Building: Pembagian Peran Guru Dalam Kerja Tim Lingkup Sekolah
Abstract
Salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan dalam Era Revolusi Industri keempat (4.0) adalah kerja tim. Pencapaian sekolah ditentukan bagaimana setiap komponen di dalam sekolah bekerja dalam tim untuk keberhasilan sekolah. Kepala sekolah dan guru bekerja dalam tim sesuai dengan peran mereka. Belbin menggambarkan delapan pembagian peran dalam sebuah tim. Artikel ini membahas peran dari guru dan kepala sekolah dari beberapa kajian jurnal dengan menggunakan studi literatur. Temuan dari artikel ini adalah upaya team building dapat dilakukan oleh pemimim transformasional yang memiliki kecakapan mampu merangsang guru secara individu, kasus ketumpangtindihan peran guru prasekolah dan guru sekolah dasar kelas pertama, dan urgensi melakukan pembagian peran secara jelas dan terkoordinasi dalam rangka meningkatkan pengembangan dan fungsi tim kerja.
Full Text:
PDFReferences
Bouwmans, M., Runhaar, P., Wesselink, R., & Mulder, M. 2017. Fostering teachers’ team learning: An interplay between transformational leadership and participative decision-making? Teaching and Teacher Education, 65, 71–80. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.03.010
Gaumer Erickson, A., Noonan, P., Supon Carter, K., McGurn, L., & Purifoy, E. 2015. The Team Functioning Scale: Evaluating and improving effectiveness of school teams. International Journal of Educational Research, 69, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2014.09.001
Hughes, A. M., Patterson, P. D., Weaver, M. D., Gregory, M. E., Sonesh, S. C., Landsittel, D. P., … Yealy, D. M. 2017. Teammate Familiarity, Teamwork, and Risk of Workplace Injury in Emergency Medical Services Teams. Journal of Emergency Nursing, 43(4), 339–346. https://doi.org/10.1016/j.jen.2016.11.007
Jones, G. R. 2013. Organizational Theory, Design, and Change (7th ed.). London: Pearson Education.
Liang, H., Shih, H., & Chiang, Y. 2015. Team diversity and team helping behavior : The mediating roles of team cooperation and team cohesion. European Management Journal, 33(1), 48–59. https://doi.org/10.1016/j.emj.2014.07.002
McShane, S. L., & Von Glinow, M. A. 2018. Organizational Behaviour: Emerging Knowledge. New York: McGraw-Hill Education.
Schallock, B., Rybski, C., Jochem, R., & Kohl, H. 2018. ScienceDirect ScienceDirect ScienceDirect ScienceDirect Costing models for capacity optimization in Jochem Industry between used capacity and operational efficiency Learning Factory for Industry provide future skills technical training technical training Learning Factory for Industry 4 . 0 to provide future skills beyond. Procedia Manufacturing, 23(2017), 27–32. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.03.156
Vodopivec., J. L., & Hmelak, M. 2015. The Importance of Recognizing Roles in Teams for Higher-Quality Work in Preschools and Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 1064–1074. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.054
Refbacks
- There are currently no refbacks.