Manajemen Surat Masuk di PT PLN (Persero) APJ Surakarta
Abstract
Pengelolaan surat sangat penting bagi sebuah organisasi. Surat memiliki fungsi sebagai alat komunikasi, wakil penulis, alat bukti historis, pedoman pelaksanaan kerja, alat pengingat, alat bukti tertulis, alat memperpendek jarak dan penghemat tenaga (Durotul, 2009). Beranjak dari hal ini, maka peneliti tertarik mengkaji manajemen surat masuk di PT PLN (Persero) APJ Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan surat masuk di PT PLN (Persero) APJ Surakarta dikelola oleh Seksi Sekretariat di Bagian SDM dan Umum. Secara umum, pengelolaan surat masuk di institusi ini sudah berjalan cukup baik, mulai dari penyortiran surat masuk, pencatatan surat masuk, pendisposisian surat masuk, pencatatan dalam buku ekspedisi surat masuk, dan pendistribusian surat masuk. Namun demikian, penyimpanan surat masuk belum dilakukan secara memadai.
Full Text:
PDFReferences
Ernawati, Ursula. 2004. Pedoman
Lengkap Kesekretarisan. Yogyakarta:
Graha Ilmu.
Kadarmo, Siwi. 1987. Sekretaris dan
Tugas-tugasnya. Jakarta : Nina
Dinamika.
Marjo, Y.S. 2005. Surat-Surat Lengkap.
Jakarta : Setia Kawan.
Saiman. 2002. Manajemen
Kesekretarisan. Jakarta: Ghalia
Indonesia.
Sedarmayanti. 2009. Dasar – Dasar
Tentang Manajemen Perkantoran.
Bandung: Mandar Maju.
Sutopo, HB. 2002. Metode Penelitian
Kualitatif – Dasar teori dan terapannya
dalam penelitian. Surakarta: Sebelas
Maret University Press.
Tim Penyusun. 2008. Profil Perusahaan
PT PLN (Persero) Distribusi Jawa
Tengah dan D.I Yogyakarta Area
Pelayanan dan Jaringan Surakarta.
Surakarta: PT PLN (Persero) APJ
Surakarta.
Widjaja, A.W. 1993. Administrasi
Kearsipan – Suatu Pengantar. Jakarta:
PT RajaGrafindo Persada.
Wiyasa, Thomas. 2003. Tugas Sekretaris
dalam mengelola surat dan Arsip
Dinamis. Jakarta: PT Pradnya Paramita.
Wursanto, Ig. 1991. Jilid 1. Kearsipan.
Yogyakarta: Penerbit KANISIUS.
Zuhdi, Farouk Umar. 2012. Surat Bisnis
Yang Efisien Dan Menarik. Yogyakarta:
Wahana Totalita Publisher.
Refbacks
- There are currently no refbacks.