Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Typing Master Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Mengetik 10 Jari pada Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Karanganyar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan media aplikasi typing master terhadap keterampilan mengetik 10 jari pada kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018; (2) ada tidaknya pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik 10 jari pada kelas XI
jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018; (3) ada tidaknya pengaruh signifikan secara bersama-sama penggunaan media aplikasi typing master dan motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik 10 jari pada kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di
SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. Di dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar. Sampel penelitian 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner)
yang sebelumnya telah diuji coba (try out) dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan aplikasi typing master terhadap keterampilan mengetik 10 jari pada siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Karanganyar th Ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji T diperoleh nilai t hitung (2,835) > t table (1,99) dan signifikansi < 0,05 (0,006 < 0,05); (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik 10 jari pada siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Karanganyar th Ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji T diperoleh nilai t hitung
(2,816) > t table (1,995) dan signifikansi < 0,05 (0,006 < 0,05); (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara penggunaan aplikasi typing master dan motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik 10 jari pada siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Karanganyar th ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikkan dengan hasil uji F diperoleh F hitung (12,125) > F table (3,130).
Full Text:
PDFReferences
Fraenkel, J., Wallen, N. 2008. How to
Design and Evaluate Research in
Education. New York: McGraw-Hill
Higher Education
Ibrahim & Syaodih. 2003. Perencanaan
Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Lubbe, Elsie. Jane Monteith and Elsa
Mentz. 2006. The Relationship Between
Keyboarding Skills and Self-Regulated
Learning. South African Journal of
Education Vol 26(2)281–293 Copyright
© 2006 EASA Page 281.
Rianggoro, Krisna. 2003. Marilah
Belajar Mengetik. Semarang: CV Aneka
Ilmu. Sardiman, A.M. 2009. Interaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
PT Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar
Proses Belajar, Sinar Baru Bandung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).
Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Typing Master. 2014. The Benefits of
Touch
Typing.http://www.typingmaster.com/ty
ping-tutor/benefits.asp. Diakses pada
tanggal 22 Desember 2017 pukul 19.20
WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.