Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Typing Master Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Mengetik 10 Jari pada Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Karanganyar

Anggun Diah Puspitasari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan media aplikasi typing master terhadap keterampilan mengetik 10 jari pada kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018; (2) ada tidaknya pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik 10 jari pada kelas XI
jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018; (3) ada tidaknya pengaruh signifikan secara bersama-sama penggunaan media aplikasi typing master dan motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik 10 jari pada kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di
SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. Di dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK N 1 Karanganyar. Sampel penelitian 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner)
yang sebelumnya telah diuji coba (try out) dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan aplikasi typing master terhadap keterampilan mengetik 10 jari pada siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Karanganyar th Ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji T diperoleh nilai t hitung (2,835) > t table (1,99) dan signifikansi < 0,05 (0,006 < 0,05); (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik 10 jari pada siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Karanganyar th Ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji T diperoleh nilai t hitung
(2,816) > t table (1,995) dan signifikansi < 0,05 (0,006 < 0,05); (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara penggunaan aplikasi typing master dan motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik 10 jari pada siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Karanganyar th ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikkan dengan hasil uji F diperoleh F hitung (12,125) > F table (3,130).

Full Text:

PDF

References

Fraenkel, J., Wallen, N. 2008. How to

Design and Evaluate Research in

Education. New York: McGraw-Hill

Higher Education

Ibrahim & Syaodih. 2003. Perencanaan

Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Lubbe, Elsie. Jane Monteith and Elsa

Mentz. 2006. The Relationship Between

Keyboarding Skills and Self-Regulated

Learning. South African Journal of

Education Vol 26(2)281–293 Copyright

© 2006 EASA Page 281.

Rianggoro, Krisna. 2003. Marilah

Belajar Mengetik. Semarang: CV Aneka

Ilmu. Sardiman, A.M. 2009. Interaksi

dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

PT Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar

Proses Belajar, Sinar Baru Bandung.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).

Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Typing Master. 2014. The Benefits of

Touch

Typing.http://www.typingmaster.com/ty

ping-tutor/benefits.asp. Diakses pada

tanggal 22 Desember 2017 pukul 19.20

WIB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.