Pengaruh Penggunaan Gadget dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 1 Sukoharjo

Wahyu Widiyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Sukoharjo. (2) ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Sukoharjo. (3) ada tidaknya pengaruh penggunaan dan motivasi belajar secara bersamasama terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh negatif yang signifikan penggunaan gadget terhadap prestasi belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo. Hal ini berdasarkan nilai t hitung > t tabel yaitu -1,865 > 1,664 pada taraf signifikansi 5%. (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan prestasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo. Hal ini berdasarkan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,360 > 1,664 pada taraf signifikansi 5%. (3) terdapat pengaruh signifikan penggunaan gadget dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo. Hal ini berdasarkan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 3,392 > 3,008 pada taraf signifikansi 5%. Besarnya sumbangan relatif penggunaan gadget sebesar 32,9%. Sumbangan relatif motivasi belajar sebesar 67,1. Sumbangan efektif penggunaan gadget sebesar 2.5%. Sumbangan efektif motivasi belajar sebesar 5,1%.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Dweck, C.S. 2008. Brainology:

Transforming students' motivation to

learn. Independent School, London:

Winter.

Fadilah, R. 2015. Perilaku Konsumtif

Mahasiswa UGM dalam Penggunaan

Gadget. Yogyakarta: UGM

Handayani, Nur. 2011. Berbagi Ilmu

Pengaruh Penggunaan Handphone

Terhadap Prestasi Belajar Siswa.

Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Harfianto, Doni. 2015. Pola Interaksi

Sosial Siswa Pengguna Gadget Di SMA

Negeri 1 Semarang.Semarang:UNNES.

Nana Sudjana dan Ibrahim. 2009.

Penelitian dan Penilaian Pendidikan.

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang

Mempengaruhinya (Edisi

Revisi).Jakarta: Reneka Cipta.

Sugiyono. 2016 .Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009.

Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi

Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi

Pendidikan Suatu Pendekatan Baru.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winarno, Wing. 2009. Panduan

Penggunaan Gadget. Jakarta: Rineka

Cipta.

Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran.

Yogyakarta: Media Abadi.

Witrianti, M. 2013. Pola komunikasi

Orang Tua dengan Anak Pengguna

Gadget Aktif. Surabaya: FISIPOL UPN

Jatim.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.