Pengaruh Penggunaan Gadget dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 1 Sukoharjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Sukoharjo. (2) ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Sukoharjo. (3) ada tidaknya pengaruh penggunaan dan motivasi belajar secara bersamasama terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh negatif yang signifikan penggunaan gadget terhadap prestasi belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo. Hal ini berdasarkan nilai t hitung > t tabel yaitu -1,865 > 1,664 pada taraf signifikansi 5%. (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan prestasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo. Hal ini berdasarkan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,360 > 1,664 pada taraf signifikansi 5%. (3) terdapat pengaruh signifikan penggunaan gadget dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo. Hal ini berdasarkan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 3,392 > 3,008 pada taraf signifikansi 5%. Besarnya sumbangan relatif penggunaan gadget sebesar 32,9%. Sumbangan relatif motivasi belajar sebesar 67,1. Sumbangan efektif penggunaan gadget sebesar 2.5%. Sumbangan efektif motivasi belajar sebesar 5,1%.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara.
Dweck, C.S. 2008. Brainology:
Transforming students' motivation to
learn. Independent School, London:
Winter.
Fadilah, R. 2015. Perilaku Konsumtif
Mahasiswa UGM dalam Penggunaan
Gadget. Yogyakarta: UGM
Handayani, Nur. 2011. Berbagi Ilmu
Pengaruh Penggunaan Handphone
Terhadap Prestasi Belajar Siswa.
Manado: Universitas Sam Ratulangi.
Harfianto, Doni. 2015. Pola Interaksi
Sosial Siswa Pengguna Gadget Di SMA
Negeri 1 Semarang.Semarang:UNNES.
Nana Sudjana dan Ibrahim. 2009.
Penelitian dan Penilaian Pendidikan.
Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang
Mempengaruhinya (Edisi
Revisi).Jakarta: Reneka Cipta.
Sugiyono. 2016 .Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009.
Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi
Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi
Pendidikan Suatu Pendekatan Baru.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winarno, Wing. 2009. Panduan
Penggunaan Gadget. Jakarta: Rineka
Cipta.
Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran.
Yogyakarta: Media Abadi.
Witrianti, M. 2013. Pola komunikasi
Orang Tua dengan Anak Pengguna
Gadget Aktif. Surabaya: FISIPOL UPN
Jatim.
Refbacks
- There are currently no refbacks.