Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Adinistrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten

Ariza Nur Permana, Hery Sawiji, Jumiyanto Widodo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten; (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten; dan (3) pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan alat atau instrumen survei berupa angket/kuesioner dan studi dokumentasi dengan alat dokumentasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data fasilitas belajar dan lingkungan belajar serta teknik dokumentasi untuk data prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah SEBAGAI berikut: 1) ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten (nilai dari  = 0,864 >  = 0,228). Apabila fasilitas belajar yang dimiliki baik dan lengkap, maka prestasi belajar siswa akan meningkat, sedangkan apabila fasilitas belajar yang dimiliki kurang baik dan kurang lengkap, maka prestasi belajar siswa akan menurun. 2), ada pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten (nilai dari  = 0,649 >   = 0,228). Apabila lingkungan belajar baik dan kondusif, maka prestasi belajar siswa akan  meningkat, sedangkan apabila lingkungan belajar kurang baik dan kurang kondusif, maka prestasi belajar siswa akan menurun. 3) fasilitas belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten (nilai dari  = 125,279 >   = 3,122).

 

Kata Kunci : fasilitas belajar, lingkungan belajar, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, A. dan Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar. Solo: Rineka Cipta

Amirin, T., dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariwibowo, M.S. 2010. Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa PPKn angkatan 2008/2009 Universitas Ahmad Dahlan semester ganjil tahun akademik 2010/2011. Yogyaklarta: UAD

Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara

Barata, S.S. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo

Basleman, A dan Mappa, S. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT Remaja Rosadakarya Offset.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S.B. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Iskandar. 2013. Metodologi penelitian pendidikan dan sosial. Jakarta: Referensi.

Istadi, I. 2007. Istimewakan Setiap Anak. Bekasi: Pustaka Inti

Mulyasa. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Mulyatiningsih, R. 2006. Bimbingan Pribadi, Sosial, Belajar dan Karier. Jakarta: PT Gramedia

Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Prihatmoko, P. 2013. Pengaruh kebiasaan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta jurusan teknik komputer dan jaringan. Yogyakarta: UNY

Purwanto, M.N. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sardiman A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar- Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Siswoyo, D. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syah, M. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Ekspres

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Sketsa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.