Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Adinistrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten; (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten; dan (3) pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan alat atau instrumen survei berupa angket/kuesioner dan studi dokumentasi dengan alat dokumentasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data fasilitas belajar dan lingkungan belajar serta teknik dokumentasi untuk data prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah SEBAGAI berikut: 1) ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten (nilai dari = 0,864 > = 0,228). Apabila fasilitas belajar yang dimiliki baik dan lengkap, maka prestasi belajar siswa akan meningkat, sedangkan apabila fasilitas belajar yang dimiliki kurang baik dan kurang lengkap, maka prestasi belajar siswa akan menurun. 2), ada pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten (nilai dari = 0,649 > = 0,228). Apabila lingkungan belajar baik dan kondusif, maka prestasi belajar siswa akan meningkat, sedangkan apabila lingkungan belajar kurang baik dan kurang kondusif, maka prestasi belajar siswa akan menurun. 3) fasilitas belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten (nilai dari = 125,279 > = 3,122).
Kata Kunci : fasilitas belajar, lingkungan belajar, prestasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. dan Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar. Solo: Rineka Cipta
Amirin, T., dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariwibowo, M.S. 2010. Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa PPKn angkatan 2008/2009 Universitas Ahmad Dahlan semester ganjil tahun akademik 2010/2011. Yogyaklarta: UAD
Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara
Barata, S.S. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo
Basleman, A dan Mappa, S. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT Remaja Rosadakarya Offset.
Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S.B. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Iskandar. 2013. Metodologi penelitian pendidikan dan sosial. Jakarta: Referensi.
Istadi, I. 2007. Istimewakan Setiap Anak. Bekasi: Pustaka Inti
Mulyasa. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Mulyatiningsih, R. 2006. Bimbingan Pribadi, Sosial, Belajar dan Karier. Jakarta: PT Gramedia
Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Prihatmoko, P. 2013. Pengaruh kebiasaan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta jurusan teknik komputer dan jaringan. Yogyakarta: UNY
Purwanto, M.N. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sardiman A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar- Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Siswoyo, D. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syah, M. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Ekspres
Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Sketsa
Refbacks
- There are currently no refbacks.