Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif Siswa
Abstract
Pendidikan pada era sekarang tidak lagi hanya menekankan pada penguasaan materi saja namun juga pada kemampuan berpikir untuk memecahkan masalah. Artikel ini adalah sebuah kajian literatur mengenai pentingnya penerapan problem based learning dalam meningatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa. Dalam memecahkan sebuah permasalahan di perlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi/Higher Order of Thinking Skill. Kemampuan berpikir kritis dan kreatif
termasuk dalam indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), sehingga kemampuan berprikir kritis dan kreatif perlu diajarkan pada siswa agar mereka mampu untuk memecahkan berbagai permasalahan baik yang terkait dengan pembelajaran maupun dunia nyata. Untuk itu dibutuhkan sebuah pembelajaran yang mendorong pada pencapaian tersebut. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menekankan pada penyajian masalah secara faktual atau yang terkait dengan dunia nyata agar pembelajaran yang berlangsung dapat memiliki makna bagi siswa. Selain itu dalam proses penerapanya yang seringkali dibuat dalam bentuk kelompok juga diharapkan akan terjadi proses pertukaran ide antara siswa. Hasil dari kajian literatur ini menunjukan bahwa penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa.
Full Text:
PDFReferences
Bakhri, Syaifulloh & Supriadi. 2011.
Peran Problem-Based Learning (PBL)
dalam Upaya Peningkatan Higher Order
Thinking Skills (HOTS) Siswa pada
Pembelajaran Matematika.. Seminar
Matematika Dan Pendidikan Matematika
Uny 2017. Isbn. 978-602-73403-2-9
(Cetak) 978-602-73403-3-6 (On-Line)
Birgili, Bengi. 2015. Creative and Critical
Thinking Skills in Problem-based
Learning Environment. Journal of Gifted
Education and Creativity, 2 (2), 71-80
December, 2015.
Chan, Zenobia C.Y. 2013. A systematic
review of creative thinking/creativity in
nursing education. Nurse Education
Today 33. 2013. 1382–1387.
Dirgatama, Chairul Huda Atma., Santoso
Th, Djoko., & Ninghardjanti, Patni
(2016). Penerapan Model Pembelajaran
Problem Based Learning Dengan
Mengimplementasi Program Microsoft
Excel Untuk Meningkatkan Keaktifan
Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran
Administrasi Kepegawaian Di Smk
Negeri 1 Surakarta. JURNAL
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
ADMINISTRASI PERKANTORAN
Vol.1, No.1, November 2016.
Ejin, Syahroni. 2016. Pengaruh model
problem based learning (PBL) terhadap
pemahaman konsep dan keterampilan
berpikir kritis siswa kelas IV SDN Jambu
Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan.
Ersoy, Esen,. & Baser, Nes’e. 2014. The
effects of problem-based learning method
in higher education on creative thinking.
Procedia - Social and Behavioral Sciences
2014. 3494 – 3498
Haryanti, Yuyun Dwi. 2017. Model
Problem Based Learning Membangun
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas
Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017.
Ismail, NS., Harun J., Zakaria, MAZM.,
Salleh SM. 2010 The Effect of Mobile
Problem-Based Learning Application
DicScience PBL on Students’ Critical
Thinking, Thinking Skills and Creativity 2010,
https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.04.002
Kassab, S. E., Hassan, N., El-araby, S.,
Salim, A. H., Alrebish, S. A., Al-amro, A.
S., Hamdy, H. 2017. Development and
validation of the motivation for tutoring
questionnaire in problem-based learning
programs. Health Professions Education,
(1),50–58.
Kemendikbud. 2013b. Materi Pelatihan
Guru Implementasi Kurikulum 2013.
Jakarta: Kemendikbud.
Khoiriyah, Anna Jarrotul. & Husamah.
Problem-based learning: Creative
thinking skills, problem-solving skills,
and learning outcome of seventh grade
students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi
Indonesia), 4(2), 151-160.
https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804.
Lau, J.Y.F. 2011. An Introduction to
Critical Thinking and Creativity. New
Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Lukitasari, Dian Retno. 2013. Upaya
meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa melalui model pembelajaran
berbasis masalah dengan berbantuan film
sebagai sumber belajar pada pokok
pembahasan sikap pantang menyerah dan
ulet kelas X PM SMK N 1 Batang.
Skripsi Unnes
Nuralam & Eliyana. 2017. Penerapan
Pendekatan Saintifik Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Di Sman 1 Darul Imarah
Aceh Besar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA
Agustus 2017. VOL. 18, NO. 1, 64-76.
Paul, R. & Elder, L. 2012. Critical
thinking: Tools for taking charge of your
learning and your life. Upple Saddle
River, NJ: Prentice Hall.
Perry, A., and Karpova, E. 2017. Efficacy
of Teaching Creative Thinking Skills: A
Comparison of Multiple Creativity
Assessments, Thinking Skills and
Creativity .
http://dx.doi.org/10.1016/j.tsc.2015.169.
Pratiwi, Alifah Anggun., Adi, Wahyu., &
Octoria, Dini 2014. Pengaruh Model
Problem Based Learning Dan
Cooperative Learning Metode Jigsaw
Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi
Ditinjau Dari Motivasi Belajar. (Studi
Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPS
SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran
/2014). Jupe UNS, Vol 2, No 3, Hal
s/d 353
Putri, Rizsa Widia 2017. Peningkatan
Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif
Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis
Masalah (Problem Based Learning) Pada
Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di Smp
Negeri 1 Tambaksari Kabupaten Ciamis
Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi.
Rakasiwi, Singgih. 2016. Kolaborasi
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Heads Together (Nht) Dengan
Problembased Learning (Pbl) Untuk
Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil
Belajar Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran Administrasi Humas &
Keprotokolan Kelas Xi Ap 2 Smk Negeri
Boyolali Tahun Ajaran 2015 / 2016.
JURNAL INFORMASI DAN
KOMUNIKASI ADMINISTRASI
PERKANTORAN Vol.1, No.1,
November 2016.
Ramankulov, S., et al. 2016. Formation of
the Creativity of Students in the Context
of the Education Informatization,
International Journal Of Environmental &
Science Education, 11(16), 9598-9613.
Rosy, Briliani & Pahlevi, Triesninda
Penerapan Problem Based Learning
Untuk Meningkatkan Kemampuan
Berpikir Kritis Dan Keterampilan
Memecahkan Masalah. Prosiding
Seminar Nasional 9 Mei 2015
Runco, M. A. 2014. Creativity (2nd ed.).
Boston, MA: Academic Press.
Schroder, H. Fisher, M. E. Lin, Y. Lo, S.
L. Danovitch, J. H. & Moser, J. S. 2017.
Neural Evidence For Enhanced Attention
to Mistake Among School-Aged Children
with Growth Mindset. Developmental
Cognitive Neuroscience. 24 (1) : 42-50.
Smit, Tamara Montag & Maertz Jr, Carl.P
Searching outside the box in
creative problem solving: The role of
creative thinking skills and domain
knowledge. Journal of Business Research
2017. 1–10.
Suminar, Serra Oktafoura & Meilani, Rini
Intansari. 2016. Pengaruh Model
Pembelajaran Discovery Learning Dan
Problem Based Learning Terhadap
Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal
pendidikan manajemen perkantoran
Volume 1, nomor 1, Agustus 2016
halaman 84 - 93.
Trilling, B. & Fadel. C. 2012. 21st
Century Skill: Learning for Life in Our
Times. San Francisco: Jossey-Bass A
Wiley Imprint.
Ulger, Kani. 2018. The Effect of
Problem-Based Learning on the Creative
Thinking and Critical Thinking
Disposition of Students in Visual Arts
Education. Interdisciplinary Journal of
Problem-Based Learning.
Vaghar Seyyedin, A., Vanaki, Z., Taghi,
S., Molazem, Z., 2009. The effect of
guided reciprocal peer questioning
(GRPQ) on nursing students' critical
thinking and metacognition skills. Iran. J.
Med. Educ. 8 (2), 333–339
Wahyu, Wawan., Kurnia., & Eli, Rohaeni
Nur 2015. Using problem-based learning
to improve students’ creative thinking
skills on water purification. Proceedings
of International Seminar on Mathematics,
Science, and Computer Science
Education (MSCEIS 2015)
Wartono, Diantoro, M., Bartlolona, J.R.
Influence Of Problem Based
Learning Model On Student Creative
Thinking On Elasticity Topics A
Material. Jurnal Pendidikan Fisika
Indonesia 14 (1). 2018. 32-39 DOI:
15294/jpfi.v14i1.10654
Wulandari, Siti Sri. 2015. Penerapan
Model Pembelajaran Problem Based
Learning Dalam Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.
Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015
Yew, Elaine. H.J. & Goh, Karen 2016.
Problem-Based Learning: An Overview
of its Process and Impact on Learning.
Health Professions Education 2 (2016)
–79.
Yuan, Haobin ., Kunaviktikul , Wipada.,
Klunklin , Areewan & Williams, Beverly
A. 2008. Promoting Critical Thinking
Skills Through Problem-Based Learning.
CMU. Journal of Soc. Sci. and Human.
Vol. 2(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.