Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif Siswa

Fauzan Rizkianto, Tri Murwaningsih

Abstract

Pendidikan pada era sekarang tidak lagi hanya menekankan pada penguasaan materi saja namun juga pada kemampuan berpikir untuk memecahkan masalah. Artikel ini adalah sebuah kajian literatur mengenai pentingnya penerapan problem based learning dalam meningatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa. Dalam memecahkan sebuah permasalahan di perlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi/Higher Order of Thinking Skill. Kemampuan berpikir kritis dan kreatif
termasuk dalam indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), sehingga kemampuan berprikir kritis dan kreatif perlu diajarkan pada siswa agar mereka mampu untuk memecahkan berbagai permasalahan baik yang terkait dengan pembelajaran maupun dunia nyata. Untuk itu dibutuhkan sebuah pembelajaran yang mendorong pada pencapaian tersebut. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menekankan pada penyajian masalah secara faktual atau yang terkait dengan dunia nyata agar pembelajaran yang berlangsung dapat memiliki makna bagi siswa. Selain itu dalam proses penerapanya yang seringkali dibuat dalam bentuk kelompok juga diharapkan akan terjadi proses pertukaran ide antara siswa. Hasil dari kajian literatur ini menunjukan bahwa penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa.

Full Text:

PDF

References

Bakhri, Syaifulloh & Supriadi. 2011.

Peran Problem-Based Learning (PBL)

dalam Upaya Peningkatan Higher Order

Thinking Skills (HOTS) Siswa pada

Pembelajaran Matematika.. Seminar

Matematika Dan Pendidikan Matematika

Uny 2017. Isbn. 978-602-73403-2-9

(Cetak) 978-602-73403-3-6 (On-Line)

Birgili, Bengi. 2015. Creative and Critical

Thinking Skills in Problem-based

Learning Environment. Journal of Gifted

Education and Creativity, 2 (2), 71-80

December, 2015.

Chan, Zenobia C.Y. 2013. A systematic

review of creative thinking/creativity in

nursing education. Nurse Education

Today 33. 2013. 1382–1387.

Dirgatama, Chairul Huda Atma., Santoso

Th, Djoko., & Ninghardjanti, Patni

(2016). Penerapan Model Pembelajaran

Problem Based Learning Dengan

Mengimplementasi Program Microsoft

Excel Untuk Meningkatkan Keaktifan

Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran

Administrasi Kepegawaian Di Smk

Negeri 1 Surakarta. JURNAL

INFORMASI DAN KOMUNIKASI

ADMINISTRASI PERKANTORAN

Vol.1, No.1, November 2016.

Ejin, Syahroni. 2016. Pengaruh model

problem based learning (PBL) terhadap

pemahaman konsep dan keterampilan

berpikir kritis siswa kelas IV SDN Jambu

Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu

Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan.

Ersoy, Esen,. & Baser, Nes’e. 2014. The

effects of problem-based learning method

in higher education on creative thinking.

Procedia - Social and Behavioral Sciences

2014. 3494 – 3498

Haryanti, Yuyun Dwi. 2017. Model

Problem Based Learning Membangun

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas

Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017.

Ismail, NS., Harun J., Zakaria, MAZM.,

Salleh SM. 2010 The Effect of Mobile

Problem-Based Learning Application

DicScience PBL on Students’ Critical

Thinking, Thinking Skills and Creativity 2010,

https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.04.002

Kassab, S. E., Hassan, N., El-araby, S.,

Salim, A. H., Alrebish, S. A., Al-amro, A.

S., Hamdy, H. 2017. Development and

validation of the motivation for tutoring

questionnaire in problem-based learning

programs. Health Professions Education,

(1),50–58.

Kemendikbud. 2013b. Materi Pelatihan

Guru Implementasi Kurikulum 2013.

Jakarta: Kemendikbud.

Khoiriyah, Anna Jarrotul. & Husamah.

Problem-based learning: Creative

thinking skills, problem-solving skills,

and learning outcome of seventh grade

students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi

Indonesia), 4(2), 151-160.

https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804.

Lau, J.Y.F. 2011. An Introduction to

Critical Thinking and Creativity. New

Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Lukitasari, Dian Retno. 2013. Upaya

meningkatkan kemampuan berpikir kritis

siswa melalui model pembelajaran

berbasis masalah dengan berbantuan film

sebagai sumber belajar pada pokok

pembahasan sikap pantang menyerah dan

ulet kelas X PM SMK N 1 Batang.

Skripsi Unnes

Nuralam & Eliyana. 2017. Penerapan

Pendekatan Saintifik Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika Di Sman 1 Darul Imarah

Aceh Besar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA

Agustus 2017. VOL. 18, NO. 1, 64-76.

Paul, R. & Elder, L. 2012. Critical

thinking: Tools for taking charge of your

learning and your life. Upple Saddle

River, NJ: Prentice Hall.

Perry, A., and Karpova, E. 2017. Efficacy

of Teaching Creative Thinking Skills: A

Comparison of Multiple Creativity

Assessments, Thinking Skills and

Creativity .

http://dx.doi.org/10.1016/j.tsc.2015.169.

Pratiwi, Alifah Anggun., Adi, Wahyu., &

Octoria, Dini 2014. Pengaruh Model

Problem Based Learning Dan

Cooperative Learning Metode Jigsaw

Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi

Ditinjau Dari Motivasi Belajar. (Studi

Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPS

SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran

/2014). Jupe UNS, Vol 2, No 3, Hal

s/d 353

Putri, Rizsa Widia 2017. Peningkatan

Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif

Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis

Masalah (Problem Based Learning) Pada

Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di Smp

Negeri 1 Tambaksari Kabupaten Ciamis

Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi.

Rakasiwi, Singgih. 2016. Kolaborasi

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Numbered Heads Together (Nht) Dengan

Problembased Learning (Pbl) Untuk

Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil

Belajar Peserta Didik Pada Mata

Pelajaran Administrasi Humas &

Keprotokolan Kelas Xi Ap 2 Smk Negeri

Boyolali Tahun Ajaran 2015 / 2016.

JURNAL INFORMASI DAN

KOMUNIKASI ADMINISTRASI

PERKANTORAN Vol.1, No.1,

November 2016.

Ramankulov, S., et al. 2016. Formation of

the Creativity of Students in the Context

of the Education Informatization,

International Journal Of Environmental &

Science Education, 11(16), 9598-9613.

Rosy, Briliani & Pahlevi, Triesninda

Penerapan Problem Based Learning

Untuk Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kritis Dan Keterampilan

Memecahkan Masalah. Prosiding

Seminar Nasional 9 Mei 2015

Runco, M. A. 2014. Creativity (2nd ed.).

Boston, MA: Academic Press.

Schroder, H. Fisher, M. E. Lin, Y. Lo, S.

L. Danovitch, J. H. & Moser, J. S. 2017.

Neural Evidence For Enhanced Attention

to Mistake Among School-Aged Children

with Growth Mindset. Developmental

Cognitive Neuroscience. 24 (1) : 42-50.

Smit, Tamara Montag & Maertz Jr, Carl.P

Searching outside the box in

creative problem solving: The role of

creative thinking skills and domain

knowledge. Journal of Business Research

2017. 1–10.

Suminar, Serra Oktafoura & Meilani, Rini

Intansari. 2016. Pengaruh Model

Pembelajaran Discovery Learning Dan

Problem Based Learning Terhadap

Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal

pendidikan manajemen perkantoran

Volume 1, nomor 1, Agustus 2016

halaman 84 - 93.

Trilling, B. & Fadel. C. 2012. 21st

Century Skill: Learning for Life in Our

Times. San Francisco: Jossey-Bass A

Wiley Imprint.

Ulger, Kani. 2018. The Effect of

Problem-Based Learning on the Creative

Thinking and Critical Thinking

Disposition of Students in Visual Arts

Education. Interdisciplinary Journal of

Problem-Based Learning.

Vaghar Seyyedin, A., Vanaki, Z., Taghi,

S., Molazem, Z., 2009. The effect of

guided reciprocal peer questioning

(GRPQ) on nursing students' critical

thinking and metacognition skills. Iran. J.

Med. Educ. 8 (2), 333–339

Wahyu, Wawan., Kurnia., & Eli, Rohaeni

Nur 2015. Using problem-based learning

to improve students’ creative thinking

skills on water purification. Proceedings

of International Seminar on Mathematics,

Science, and Computer Science

Education (MSCEIS 2015)

Wartono, Diantoro, M., Bartlolona, J.R.

Influence Of Problem Based

Learning Model On Student Creative

Thinking On Elasticity Topics A

Material. Jurnal Pendidikan Fisika

Indonesia 14 (1). 2018. 32-39 DOI:

15294/jpfi.v14i1.10654

Wulandari, Siti Sri. 2015. Penerapan

Model Pembelajaran Problem Based

Learning Dalam Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.

Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015

Yew, Elaine. H.J. & Goh, Karen 2016.

Problem-Based Learning: An Overview

of its Process and Impact on Learning.

Health Professions Education 2 (2016)

–79.

Yuan, Haobin ., Kunaviktikul , Wipada.,

Klunklin , Areewan & Williams, Beverly

A. 2008. Promoting Critical Thinking

Skills Through Problem-Based Learning.

CMU. Journal of Soc. Sci. and Human.

Vol. 2(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.